Saturday, 19 April 2014
NEWS TICKER
Beredar Film Panas Artis »  Jatah 50 Kursi DPRD Jadi Rebutan Caleg »  Harga Tiket Bus Naik Selama Lebaran »  WORKSHOP BEDAH SKL UN IPA 2014 “Kesiapan Hadapi Ujian Nasional” »  Banjir, Jalur Pantura Dialihkan »  PT. KAI Stop Operasional Kereta Tegal Express »  Pantura Terputus, Kiriman Paket Menumpuk »  Panwas Resmi Laporkan Dugaan Money Politik »  PO Dedy Jaya, Hajikan Sopir Teladan »  Banjir Ancam Jalur Pantura »  Terlindas Truk Dum, Pengendara Motor Tewas Mengenaskan »  Komunitas Paper Replika Indonesia (Peri) Region Solo Gelar Pameran Aneka Jenis Paper Craft »  Pria Asal Tegal Ciptakan Alat Hemat BBM »  Rengginang Singkong Ala Kersana »  Pendaftaran Program Pascasarjana UPS Tegal Dibuka »  Calon Incumbent Diusung PDIP »  Terima Tawaran Caleg Karena Didorong Keluarga »  Pelajar 2 Sekolah Terlibat Tawuran, Seorang Terluka Parah »  Brebes Macet Hingga 7 KM »  Enthus-Umi Bupati Tegal Terpilih » 
 
Home » Index » Tahapan Pileg dan Pilwalkot Dimulai
INDEX

Tahapan Pileg dan Pilwalkot Dimulai

Tuesday, 16 July 2013 - 280 Views
kpu 300x199 Tahapan Pileg dan Pilwalkot Dimulai

Ketua KPU (kanan) menyerahkan CD DPS kepada sejumlah pimpinan parpol

INFOPANTURA.COM – Kota Tegal – Beberapa tahapan terkait Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Walikota ( Pilwalkot) telah dimulai Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal Jawa Tengah. Tahapan – tahapan yang sudah dan akan dilakukan KPU antara lain tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) pemilih, penyerahan CD berisi Daftar Pemilih Sementara (DPS), tahapan revisi dan penyerahan Daftar Pemilih Tetap (DPT) kepada KPU Provinsi.

Ketua KPU setempat KH Saifudin Zuhri saat dimintai keterangan beberapa tahapan yang sudah dilaksanakan oleh KPU seperti tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) pemilih oleh Pantarlih dan pengumuman DPS maulai 11 Juli hingga 24 Juli atau selama 13 hari di masing-masing kelurahan se-Kota Tegal. “ Selain itu, KPU juga menyerahkan CD berisi DPS kepada parpol-parpol peserta pemilu tingkat kecamatan pada tanggal 12-15 Juli 2013 dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu),” katanya.

Saifudin menegaskan penyerahan CD DPS dilakukan saat digelarnya Sosialisasi dan Implementasi Aplikasi Peraturan dan Aplikasi Pantarlih Dengan Pemangku Kepentingan di Ruang Virgo Hotel Karlita, Kamis (11/7) lalu.

“ Setelah salinan diterima parpol, KPU meminta Parpol dan masyarakat memberi masukan dan tanggapan mulai tanggal 11 Juli hingga 1 Agustus. Misal ada warga yang sudah meninggal dunia. Parpol dan masyarakat harus proaktif cermati DPS,” ungkap Saifuddin.

Dijelaskan Saifudin, setelah ada tanggapan, kemudian dilakukan perbaikan dan penyusunan DPS pada tanggal 2-15 Agustus serta penetapan DPS Hasil Perbaikan (DPSHP) pada tanggal 16 Agustus. Setelah ada tanggapan dan masukan, DPSHP akan diperbaiki pada 24 Agustus sampai 6 September. Kemudian penyerahan DPS akhir akan dilaksanakan oleh PPS pada 10 September.

Terkait penetapan DPT Kota Tegal, Saifudin mengatakan pihaknya akan melakukan penetapan DPT pada tanggal 7 sampai 13 September. Setelah itu, lanjut Saifuddin, penyerahan DPT kepada KPU Provinsi, PPK dan PPS akan dilaksanakan 14-20 September. (teguh@infopantura.com)

Related Post
RSPFM

Comment

Your email will not be displayed.

Page: /tahapan-pileg-dan-pilwalkot-dimulai/ :