Digital Media Online

Tidak Kantongi Ijin, 14 Mini Market di Kota Tegal Diminta Tutup

0 59

INFOPANTURA.Com (TEGAL)  – Meski Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal, sudah berkali-kali mengingatkan agar mini market yang tidak berijin untuk tutup, namun masih saja ada yang membandel tetap buka. Tercatat sedikitnya ada 14 usaha minimarket Alfamart dan Indomaret di Kota Tegal nekat beroperasi meski tanpa mengantongi izin berusaha dari Pemerintah Kota Tegal.

Wali Kota Dedy Yon Supriyono dengan tegas meminta seluruhnya sementara berhenti beroperasi dengan mengeluarkan surat edaran.

Kepala Satpol PP Hartoto mengungkapkan, dalam surat edaran yang ditandatangani langsung wali kota, minimarket atau toko swalayan diminta tutup sementara untuk mengurus perizinan.

“Surat sudah mereka terima sekitar 8 Oktober. Sampai sekarang sudah ada beberapa Indomaret dan Alfamart yang tutup, namun memang masih ada yang buka,” kata Hartoto melalui sambungan telepon, kepada sejumlah awak media, Selasa 13 Okotober 2020.

Menurt Hartoto, minimarket agar tidak beroperasi sebelum mengantongi izin yang diterbitkan oleh instansi yang berwenang yakni Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTS).

“Dalam lampiran surat edaran, ke-14 minimarket itu terbagi dalam tiga kelompok yang tak mengantongi izin,” imbuhnya.

Rinciannya lima minimarket disebut belum mengajukan izin, empat minimarket tidak sesuai dengan Perda Nomor 6 Tahun 2017 tentang Penataan dan Pembinaan Toko Eceran, Pasar Rakyat, Pusat Perbelanjaan dan Toko Swalayan.

Kemudian empat minimarket tidak berizin sebelum Perda Nomor 6 Tahun 2017, dan satu minimarket tidak berizin setelah terbit Perda Nomor 6 Tahun 2017.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.