Digital Media Online

Sebanyak 11 Nakes RSUD Kardinah Positif Corona, 1 Meninggal Dunia

0 13

INFOPANTURA.COM  (Tegal) – Sedikitnya ada 11 tenaga kesehatan (nakes) di RSUD Kardinah yang terpapar Covid-19, sejak awal pandemi. Dari jumlah itu,  8 sembuh, 2 masih  isolasi mandiri dan seorang dokter meninggal dunia Juni 2020 lalu. Hal itu dibenarkan Plt. Direktur RSUD Kardinah Heri Susanto, Selasa 27 Oktober 2020.

Menurut Heri, pada umumnya nakes yang positif terpapar covid-19, tanpa gejala (OTG).  Dari 11 nakes yang terpapar, di antaranya perawat, petugas laboratorium, dan 2 dokter.  “Dalam tugas mereka menggunakan APD lengkap, dari level 1 sampai level 3,” kata Heri.

Dari  jumlah itu, 8 perawat telah kembali sehat dan sudah kembali bekerja, satu dokter meninggal, dan dua nakes lainnya masih menjalani isolasi mandiri saat ini.

Heri mengungkapka,  belum diketahui pasti darimana sumber penularannya. Yang jelas sebagai nakes yang menangani pasien Covid-19 tentu saja memiliki risiko tinggi terpapar.

“Dari pihak rumah sakit memang langsung melakukan tracing. Namun belum bisa memastikan sumbernya dari mana. Karena bisa saja di lingkungan rumah, atau di tempat lain,” kata dia.

Diungkapkan dia, standar penanganan Covid-19 sudah dijalankan secara ketat. Termasuk oleh para tenaga kesehatan dalam menangani pasien Covid-19. “Kami berusah semaksimal mungkin untuk melindungi nakes yang bertugas, namun bisa saja mereka tertular dari rumah atau tempat lain.” Pungkasanya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.