Digital Media Online

90 Pembina Pramuka Ikuti KMD

0

 

KMDINFOPANTURA.COM -TEGAL – Sebanyak 90 pembina Pramuka mengikuti Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD).

KMD diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kota Tegal yang diperuntukkan bagi Tenaga Pembina Pramuka pada Gugus Depan yang berpangkalan di sekolah SD, SMP, SMA/SMK di Kota Tegal. Mereka terdiri dari 40 Pembina Pramuka SD, 25 Pembina Pramuka SMP dan 25 Pembina Pramuka SMA/SMK di 4 UPPD se-Kota Tegal.

Kursus dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Tegal Herlien Tedjo Oetami, SHdalam upacara pembukaan di Sanggar Bhakti Pramuka Kwarcab Kota Tegal, Senin (26/10). KMD berlangsung selama enam hari (26-31/10), tiga haribertempat di Sanggar Bhakti Pramuka Kwarcab Kota Tegal (26/-28/10) dan untuk kegiatan dalam ruang (indoor) kemudian dilanjutkan kegiatan di luar ruang (outdoor) di Lapangan terbuka SMP Bhakti Praja Sumur Panggang selama 3 hari (29-31/10). Peserta dibimbing langsung oleh 22 orang Pelatih Kepramukaan di Lingkungan Kwarcab Kota Tegal.

Dalam sambutannya, Herlien menyampaikanberdasar Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 63 Tahun 2014, mengamanatkan bahwa pendidikanKepramukaan adalah proses pembentukan kepribadian, kecakapan hidup dan akhlak muliaPramuka melalui penghayatan dan pengamalan nilai-nilai kepramukaan. Dimana kegiatan ini merupakan kegiatan ekstrakurikuler wajib pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

Disebutkan Herlien bahwa peranan Pembina Pramuka sangat penting dalam pengorganisasian dan pelaksanaan kegiatan kepramukaan, yaitu sebagai pendidik, pengawas, motivator, pengarah dan konsultan terdekat. “Mengingat peran pembina pramuka yang begitu penting itulah maka perlu dilakukan upaya peningkatan pengetahuan dan wawasan pembina dalam membina peserta didik agar tercapai tujuan gerakan pramuka,” tambah Herlien.

Herlien berpesan kepada segenap peseta KMD untuk dapat memanfaatkan dan mengikuti dengan sungguh-sungguh seluruh kegiatan dan penyampaian materi dari tim Pelatih Pembina Pramuka dengan sebaik-baiknya, dari awal sampai akhir pelaksanaan,sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

“Sebab ilmu dan ketrampilan yang diperoleh dari kegiatan KMD ini akan berguna dalam upaya peningkatan kualitas dan peran serta Gerakan Pramuka dalam peningkatan pembangunan yang ada di kota Tegal,” tandas Herlien.

Dalam Upacara Pembukaan tersebut, Herlien yang bertindak sebagai Pembina Upacara berkesempatan menyerahkan tunggul kepada Pemimpin Kursus, Agung Santiaji, SIP, MM. (*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.