Digital Media Online

Antisipasi Krisis Air, Pemkot Diminta Galakan Pembuatan Sumur Resapan

0
Kodim 0713/Brebes Bantu Air Bersih
Kodim 0713/Brebes Bantu Air Bersih

INFOPANTURA.COM-Tegal-Guna mengantisipasi terjadinya krisis air bersih pada saat kemarau, Pemerintah Kota Tegal diminta menggalakan pembuatan sumur resapan. Pasalnya, keberadaan sumur tersebut akan mampu memenuhi kebutuhan air bersih selama musim kemarau.

 

Demikian diungkapkan Anggota DPRD Kota Tegal dari Fraksi PKS Rofi’i Ali Selasa (29/9) pagi tadi melalui pesan singkatnya. Menurutnya, untuk mensikapi kerawanan krisis air pemkot Tegal perlu menggalakan pembuatan sumur resapan di setiap kelurahan, terutama di 8 kelurahan yang mengalami kerawanan krisis air saat kemarau.

 

” Fungsi sumur resapan ini adalah untuk menampung curahan air hujan saat musim penghujan dan mencegah curahan air hujan tergelintor begitu saja ke sungai. Sumur Resapan tersebut akan mampu meningkatkan kandungan air dalam tanah sehingga saat kemarau sumur-sumur warga masih mampu memenuhi kebutuhan air untuk setiap hari saat musim kemarau,” ungkapnya.

 

Rofi’i menyebutkan, 8 Kelurahan yang rawan krisis air saat kemarau panjang yaitu Panggung, Mintaragen, Sumurpanggang, Kalinyamat Kulon, Kaligangsa, Pesurungan Lor, Muarareja dan Keturen. (Teguh)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.