Digital Media Online

Tidak Akan Ada Penggusuran PKL

0
ilustrasi
ilustrasi

INFOPANTURA.COM – Kota Tegal – Para Pedagang Kaki Lima (PKL) di wilayah Kota Tegal Jawa Tengah tak perlu merasa khawatir akan adanya penggusuran. Pasalnya Pemerintah setempat berjanji tidak akan melakukan penggusuran terhadap mereka. Pemkot hanya akan melakukan penataan ulang tapa harus menggusur.

Hal itu diungkapkan  Wakil Walikota Tegal Habib Ali Zaenal Abidin Rabu (4/12) usai sosialisasi PKL di Gedung Adipura Balaikota Tegal. Menurutnya, walaupun ada penataan, tetapi Pemkot tidak akan melakukan penggusuran. “ Penataan bertujuan agar PKL memiliki daya saing dan bisa mendapatkan penghasilan lebih baik. dalam penataan nanti, akan melibatkan instansi pemkot Tegal seperti Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan (DisnkopUMKMPerindag), Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo), Dinas Pemukiman dan Tata Ruang ( Diskimtaru ) dan Satpol PP,” katanya.

Habib mengungkapkan, jumlah PKL pada tahun 2012 sebanyak 873. Jumlah tersebut pada tahun 2013 bertambah menjadi 1002. Dengan adanya pertambahan jumlah PKL, maka Pemkot perlu melakukan penataan. Apalagi dibeberapa lokasi yang dikhususkan untuk PKL seperti kawasan Stadion Yos sudarso dan GOR Wisanggeni, belum tertata dengan baik.

“ Selain itu, untuk lebih meningkatkan kualitas PKL, Pemkot akan memberikan pelatihan secara gratis. Melalui pelatihan dan keterampilan ini, diharapkan barang dagangan PKL menarik, higienis, sehat dan lebih berkualitas,” tandasnya.

Habib Ali berharap peran Himpunan Pedagang kaki Lima Indonesia (HIPKLI) lebih ditingkatkan dalam pembinaan terhadap PKL. (teguh@infopantura.com)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.