Digital Media Online

LSM BENMAS Akan Dampingi Kunjungan Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah Terkait Bansos

0 11

INFOPANTURA.COM-SLAWI – Berbarengan dengan peringatan Hari Bayangkara 1 Juli hari ini (1/7), Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) BENMAS mengadakan acara tasyakuran peresmian Kantor Bersama BENMAS-LBH TEGAL yang bertempat di Jalan Belimbing No. 17 Procot, Slawi. Acara yang dihadiri unsur Forkopimda, Badan Kesbangpol Kabupaten Tegal, LSM, dan awak media ini berlangsung sederhana dan tetap menjaga protokol Covid-19.

Dalam sambutannya, Ketua LSM BENMAS, Rudi Suswanto mengajak unsur LSM lainnya bisa bersinergi dalam mengawal program-program pemerintah baik pusat maupun daerah. Rudi juga sempat menyinggung terkait Bantuan Sosial (Bansos) yang baru saja disalurkan di wilayah Kabupaten Tegal. “Banyak laporan yang masuk ke Benmas terkait penyaluran dan pengadaan Bansos. Kami sudah bersurat kepada Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah. Besok kami akan mengawal dan mendampingi langsung utusan dari Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah menyoal Bansos ini,” tegas Rudi.

Terkait Bansos, sedang ramai dibicarakan bantuan sembako yang bersumber dari APBD Provinsi Jawa Tengah. Ditemukan di lapangan komoditi beras dengan kualitas rendah dibawah harga yang telah ditetapkan, yakni 11.000 per kilogram. Belum lagi tata pengelolaan pengadaan yang diserahkan penuh oleh kepada Bumdes (Badan Usaha Milik Desa) tampak minim pengawasan dari instansi terkait.

Dalam kesempatan yang sama, Kasubid LSM dan Ormas Badan Kesbangpol Kabupaten Tegal, Drajat, berharap Benmas sebagai kekuatan civil society diharapkan bisa menjadi corong aspirasi masyarakat dalam menyerap aspirasi dan keluhan masyarakat. “Stigma LSM kurang baik dimasyarakat, Benmas diharapkan menjadi mitra yang baik bagi pemerintah daerah. Tetap bersikap kritis tapi tetap dalam koridor aturan dan regulasi yang berlaku,” tutur Drajat.

Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Tegal, Drs. Nuheri SH.MH, mewakili jajaran Forkopimda Kabupaten Tegal memberikan arahan yang menyejukkan, “Benmas diharapkan bisa menjadi LSM yang bisa mengakomodir permasalahan masyarakat. Karena barang siapa yang mempermudah urusan di dunia makan akan dipermudah urusan di akherat kelak.” tutup Nuheri. (Lazarus Sandy)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.