Digital Media Online

Dipolisikan Mantan Kades, Camat Tarub Siap Menghadapi Proses Hukum

0 446

Infopantura.com (KABUPATEN TEGAL) – Sengketa Pilkades Bumiharja yang tengah bergulir di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) memasuki babak baru, Camat Tarub, Munawar dilaporkan oleh Suryoto beserta tim kuasa hukumnya ke Polres Tegal.

Suryoto adalah mantan Kades Bumiharja, yang mengajukan gugatan ke PTUN atas hasil Pilkades tahun 2018 lalu.

Dalam laporannya, Camat Tarub diduga memusnahkan surat suara sebanyak 32 lembar pada pelaksanaan Pilkades 2018. Hal ini terungkap dalam keterangan saksi Sunaryo, Plt Sekretaris Camat (Sekcam) persidangan di PTUN Semarang baru-baru ini.

Ketika ditemui Infopantura Senin (23/9), Camat Tarub membenarkan telah memusnahkan surat suara tersebut.

“Sebelum penghitungan, terdapat selisih antara jumlah daftar hadir dengan jumlah kertas suara. Saya dihubungi via telepon oleh Pak Sunaryo, Sekcam. Saya memberi arahan agar selisih surat suara yang lebih tersebut diambil secara acak dan segera diamankan. Arahan saya ini di loud speaker dihadapan panitia dan saksi” terang Munawar.

Ditambahkan Munawar, sebelum pemusnahan surat suara tersebut telah dibuatkan berita acara pemusnahan dan dibubuhi tanda tangan para saksi dari para calon.

“Tidak ada keberatan dari saksi atau pihak manapun saat itu” tambah Munawar.

Disinggung mengenai pasal yang dikenakan, Munawar menjelaskan dirinya siap menghadapi proses hukum yang berlaku.

“Laporan tersebut dikatakan saya menyalahi Pasal 86 Undang-Undang RI Nomor 43 Tahun 2009, memusnahkan arsip diluar prosedur. Asumsi saya, kertas suara itu bukan merupakan arsip. Pemusnahan itu telah saya pertimbangkan dengan matang dan dimuat dalam berita acara dihadapan para saksi. Ini bagian dari kehidupan demokrasi, saya tetap menghormati proses hukum yang tengah berjalan” ungkap Munawar. (San/Edi)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.