Digital Media Online

Rakor Penanggulangan Kemiskinan dan Verifikasi Data Kemiskinan Kecamatan Tarub Tahun 2019

0 53
Camat Tarub Munawar S.Sos Memberikan Materi Mengenai Tahapan Verifikasi BDT

INFOPANTURA.COM. KABUPATEN TEGAL. BDT adalah basis data yang dikelola oleh Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) yang memuat informasi nama, alamat, NIK, dan keterangan dasar kesejahteraan penduduk penerima program perlindungan sosial. BDT digunakan sebagai dasar penetapan sasaran program-program penanggulangan kemiskinan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Agar program penaggulangan kemiskinan dapat tepat sasaran, dan percepatan penanggulangan kemiskinan bisa lebih maksimal, makan diperlukan data yang valid dalam BDT tersebut.

Menyingkapi hal tersebut, Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal mengadakan Rapat Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Dan Verifikasi Data Kemiskinan Tahun 2019 kamis kemarin (8/8/2019). Bertempat di Balai Kecamatan Tarub, dipimpin langsung oleh Camat Tarub, Munawar S.Sos dihadiri oleh unsur perwakilan pemerintah desa dan Pendamping PKH.

Dalam materinya dihadapan para peserta, Munawar mengangkat isu mengenai penanganan gizi buruk dan stunting di Kecamatan Tarub. Pemerintah pusat dalam hal Kementrian Kesehatan memang tengah concern terhadap dua hal tersebut.

“Sosialisai mengenai gizi buruk dan stunting harus semakin dilakukan, karena dua hal ini merupakan parameter keberhasilan penanggulangan kemiskinan di Kecamatan Tarub. Selain program PKH dan BPNT yang sedang kita verifikasi lagi datanya, penuntasan program jamban sehat juga menjadi prioritas kita saat ini”, jelas Munawar.

Rapat koordinasi ini juga membahas mengenai program Jaminan Hidup (Jadup) bagi para lansia. Jadup Lansia ini merupakan program baru Kabupaten Tegal, dengan memberikan insentif bagi para lansia yang kurang mendapat perhatian dari keluarga.

Koordinator PKH Kecamatan Tarub, Andri Setiaji, ST menambahkan, sinergitas antara pekerja sosial dalam hal ini Pendamping PKH, TKSK dan Perangkat Pemerintahan Kecamatan dan Desa diharapkan lebih maksimal lagi. Baik sinergitas dalam pemutakhiran BDT maupun sinergitas dalam implementasi program-program penanggulangan kemiskinan pemerintah pusat.

Peserta Rakor Penanggulangan Kemiskinan Kecamatan Tarub

Dalam statement penutupnya, Camat Munawar, S.Sos berharap rapat koordinasi ini bisa membawa dampak positif bagi masyarakat, khususnya Kecamatan Tarub.

”Kami selaku pemerintah tingkat Kecataman Tarub, selalu berusaha maksimal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Perbaikan BDT ini diharapkan agar masyarakat yang masih berada dalam keadaan kurang beruntung, bisa mendapatkan jaminan hidup yang layak. Dan bagi masyarakat yang sudah merasakan intervensi program pemerintah ini, bisa semakin mandiri lagi ke depannya”, tutup Munawar.

Lazarus Sandya Wella

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.