Digital Media Online

Pilkades Serentak 2019, Bakal Calon Kepala Desa Tidak Dipungut Biaya Apapun

0 200

INFOPANTURA.COM – KABUPATEN TEGAL, Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Gelombang III Kabupaten Tegal rencananya akan dilangsungkan pada November 2019 mendatang.

Selain menggunakan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa (APBDES), Pilkades yang akan diikuti 117 desa itu akan dibantu penyelenggaraannya melalui anggaran pada APBD Perubahan Kabupaten Tegal Tahun 2019.

Kabid Penataan Desa Dispermades Kabupaten Tegal, Gunawan menuturkan, anggaran Pilkades mengacu pada RAB yang telah ditetapkan. APBDES yang digunakan, tidak boleh melebihi ABPD yang dialokasikan di desa tersebut.

“Anggaran APBD jumlahnya disesuaikan dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Besarannya mulai dari 30 juta rupiah sampai 45 juta rupiah” tambah Gunawan ketika ditemui pada saat acara sosialisai Pilkades di Kecamatan Balapulang (30/7/2019).

Ditekankan oleh Gunawan, dengan alokasi anggaran yang berasal dari APBD maupun APBDES, panitia pilkades dilarang memungut biaya apapun kepada Balon (Bakal Calon) Kepala Desa.

“Semua sudah ada anggarannya, baik logistik maupun honorarium panitia dan pelaksana. Jadi tidak dibenarkan pungutan dalam bentuk apapun kepada Balon Kepala Desa” tutup Gunawan.

(Lazarus Sandya Wella)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.