Digital Media Online

Demi Kesejahteraan, Anggota DPR RI Dewi Aryani Bentuk Koperasi untuk Kader PDIP

0 15

INFOPANTURA.COM (TEGAL) – Kegiatan reses anggota DPR RI Komisi IX, Dr Hj. Dewi Aryani MSi di Kota Tegal, selain menjaring aspirasi masyarakat juga melakukan rapaid tes secara gratis dan pembentukan koperasi yang diberi nama KSU Kawulo Marhaen, di DPC PDI Perjuangan Kota Tegal, Jawa Tengah, Rabu 14 Okotober 2020.

Menurut Dewi Aryani yang akrab disapa DeAr ini, koperasi akan mempunyai Unit Usaha di setiap PAC PDI Perjuangan yang berada di setiap kecamatan. Dengan adanya koperasi di DPC PDI Perjuangan Kota Tegal, kader yang ada di setiap kecamatan akan memiliki usaha.

“Kader yang biasanya tidak memiliki usaha, dengan unit usaha ini mereka akan punya tanggung jawab mengelola keuangan,” tutur politisi PDI Perjuangan dari Dapil Jawa Tengah IX yang meliputi Kota dan Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes ini.

Dikatakan Dewi Aryani, setelah koperasi berkembang diharapkan franchise yang akan didirikan bisa diadopsi oleh masyarakat umum. Sehingga usaha kuliner ini tidak hanya untuk kader-kader PDI Perjuangan.

“Soal sekarang saya membantu kader, karena kewajiban saya sebagai anggota fraksi, otomatis saya utamakan untuk kader,” jelas Dewi Aryani.

Kegiatan resesn Dewi Aryani yang dihadiri seluruh jajaran DPC, KSB PAC dan kader lainnya, juga dilakukan Rapid Test Covid-19 serta memberikan banyak bantuan program, bantuan biskuit ibu hamil dan balita 100 dus, 1 unit alat cuci tangan.

Dalam paparanya, Dewi Aryani menyampaikan koperasi nantinya menjadi induk dari semua Unit Usaha di masing-masing PAC PDI Perjuangan di empat kecamatan di Kota Tegal.

“Program usaha yang telah saya disiapkan berupa usaha kuliner minuman kopi kekinian dengan brand Samudra Cinta dan fried chicken dengan brand D”Chicken,” terang Dewi Aryani.

Menurutnya, Samudra Cinta memiliki filosofi rejekinya seluas samudra dan melayani dengan penuh cinta. Seluruh bahan baku nantinya akan di kelola oleh koperasi yang rencananya bernama Koperasi Kawulo Marhaen yang di kelola pengurus DPC PDI Perjuangan Kota Tegal.

“Ini merupakan langkah konkrit dalam memberikan kail usaha untuk para kader dan masyarakat. Pendanaan akan kami lakukan bergotong royong bersama,” tutur Dewi Aryani.

Sistem usaha ini, jelas Dewi Aryani, merupakan franchise sehingga masyarakat umum nantinya bisa pula mendapatkan program usaha ini, namun tetap melalui Koperasi Kawulo Marhaen.

“Program ekonomi kerakyatan ini akan menjadi langkah pelopor dalam meningkatkan pendapatan kader, serta membantu pemerintah dalam menyelesaikan masalah peluang usaha dan kerja yang saat ini sedang menurun akibat pandemi Covid 19,” tandasnya.

Sementara Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Tegal, H. Edi Suripno mengatakan bahwa koperasi yang digagas Dewi Aryani, bertujuan untuk membangun soliditas kader-kader partai.

“Untuk pembentukan koperasi kami sudah membentuk tim, dan sudah dirapatkan untuk menyiapkan segala sesuatunya. Rencananya koperasi akan diberi nama KSU Kawulo Marhaen,” ujar H. Edi Suripno yang akrab disapa Uyip.

Dikatakan Uyip, koperasi di DPC PDI Perjuangan Kota Tegal, salah satu tugasnya menjaga bagaimana spirit sebuah partai tetap solid. Jika nantinya koperasi ini punya managemen yang baik, tidak perlu khawatir soal pasar.

“Pasarnya sudah ada, yaitu struktural PDI Perjuangan, anggota partai, anggota fraksi dan simpatisan. Mereka inilah yang akan menjadi pasar dari Unit Usaha di setiap kecamatan yang dikelola oleh koperasi,” terang Uyip.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.