Digital Media Online

25 Peserta PKW di PKBM Sakila Kerti, Lulus dan Siap Berwirausaha

0 19

INFOPANTURA.COM (Tegal) – Sebanyak 25 siswa yang mengikuti  Program Kecakapan Wirausaha (PKW) servis komputer selama dua bulan di Pusat Kegiatan Belajar dan Mengajar (PKBM) Sakila Kerti, Kota Tegal, Jawa Tengah,  dinyatakan lulus.

Ditsuslat Ditjen Vokasi Kemendikbud, Dr Kastum menyampaikan Program PKW ini diselenggarakan untuk warga yang belum bekerja atau berhenti bekerja (PHK) agar mempunyai ketrampilan. Setelah lulus dari PKW diharapkan mampu merintis usaha, baik secara sendiri maupun kelompok.

“Setalah lulus, diharapkan anda bisa membuka usaha servis komputer sendiri, punya tempat usaha, punya penghasilan sendiri, sukur-sukur punya karyawan. Jangan ketergantungan dengan pendampingan,” ujar Kastum  

Sementara Pengelola PKBM Sakila Kerti Dr Yusqon mengatakan, ke-25 siswa mengikuti kursus servis komputer selama di bulan di PKBM Sakila Kerti di Pangung dan terminal, dengan guru yang profesional. PKW ini integritas dengan pusat. Setelah lulus, peserta masih didampingi sampai mereka bisa berwirausaha. Namun sebelum mereka bisa membuka usaha servis computer sendiri, akan dilakukan pendampingan dari PKBM Sakila Kerti.

“Untuk sementara siswa yang baru lulus perlu pendampingan sebelum mereka membuka usaha sendiri,” ujar Yusqon.

Menurut Dr Yusqon, PKBM Sakila Kerti sudah menjalin kerja sama dengan beberapa intansi pemerintah, khsusunya untuk perbaikan komputer. “Jika ada proyek servis computer, nantinya mereka-mereka ini yang akan mengerjakan. Sehingga setelah lulus mereka tidak menganggur. Mereka keluar dari sini langsung kerja, karena sudah dilatih dua bulan,” kata Yusqon.

Sekdin Disdikbud Kota Tegal Herlien Tjokrowati mengungkapkan pelatihan servis komputer dan pembuatan nugget untuk ditutup. Dan selamat kepada yang sudah lulus servis komputer. Sehingga nanti terus dilakukan pendampingan. Kemudian hasilnya ada rejeki, sehingga banyak sekali kebutuhan dan servis komputer.

“Selamat telah selesai mengikuti servis komputer selama dua bulan,” ujar Herlien.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.