Digital Media Online

Untuk Peningkatan Mutu, Tenaga Pendidik Non Formal Ikuti Orientasi Teknis

0 11

INFOPANTURA.Com (TEGAL) – Untuk meningkatkan mutu pendidikan masyarakat, serta bisa disejajarkan dengan guru formal. Sebanyak 40 tenaga pendidik dan kependidikan (TPK) nonformal termasuk pegiat literasi Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Disdikbud Kota Tegal, mengikuti orientasi teknis untuk peningkatan mutu pendidikan masyarakat (Dikmas). Pengembangan orientasi tersebut dilakukan selama tiga hari, di Hotel Premiere, Kota Tegal, Rabu-Jumat (14-16/10)

Ketua penyelanggara Rudi Widarto berharap, melalui orientasi teknis, para TKP di TBM agar lebih giat lagi dalam peningkatan minat baca masyarakat. Targetnya para pengelola dapat memenagemen TBM untuk lebih baik lagi. Dan lebih giat lagi dalam peningkatan gemar membaca bagi masyarakat. Hal itu karena minat baca masyarakat masih naik turun.

“Kegiatan ini untuk mengembangkan dan meningkatkan kompetensi tenaga pendidik nonformal di Kota Tegal,” kata Ketua Penyelenggara Panitia Rudi Widarto.

Namun lanjut Rudi, untuk Kota Tegal ini cukup tinggi minat bacanya, karena aktivitas gerakan membaca di sini lebih tinggi dari daerah lain di Jawa Tengah.

Sementara itu, Ketua Forum TBM Kota Tegal Yusqon mengaku mengapresiasi gelaran orientasi teknis yang digelar Pusat PP Paud dan Dikmas Jateng. Harapannya tentu mutu TBM di Kota Tegal meningkat.

Sedikitnya ada delapan TBM aktif di Kota Tegal. Termasuk di antaranya ada 12 pegiat literasi yang terus bekerja dan mengampanyekan peningkatan budaya baca.

“Ada sekitar 40 peserta, selain pengelola TBM, ada juga dari Himpaudi, SKB, pegiat litetasi, termausk Forum Lingkar Pena dan lainnya,” terang Yusqon.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.