Digital Media Online

Terkait Gugatan Agung-Afif, Panwaslu Pemalang Akan Bertindak Sesuai Undang-undang

0
Ketua Panwaslu kabupaten Pemalang Heri Setiyawan
Ketua Panwaslu kabupaten Pemalang Heri Setiyawan

INFOPANTURA.COM – Pemalang – Terkait proses gugatan yang berkasnya telah disampaikan oleh kubu Agung-Afif kemarin dan rencana pada Kamis (27/8) ini akan dilengkapi, pihak Panwas akan bertindak dengan sangat hati-hati.

 

Diungkapkan oleh Ketua Panwaslu Pemalang Heri, dari berkas yang diterima, rencananya hari ini, Kamis (27/8), pihak Agung-Afif akan melengkapi berkas untuk selanjutnya kami kaji dan registrasi.

 

“Berkas gugatan rencana hari ini akan dilengkapi,” ungkap Heri dikantornya, Kamis (27/8).

 

Pihak panwas, lanjut Heri, akan mengkaji semua kelengkapan berkas untuk kemudian diregistrasi dan diproses dalam waktu 12 hari kedepan terhitung setelah berkas teregistrasi.

 

“Dalam prosesnya nanti, kami akan mengundang untuk mendengar keterangan dari pihak-pihak yang bersengketa berikut saksi-saksi, bahkan dihadirkan juga saksi ahli agar dalam pengambilan keputusan pihak kami dapat berlaku adil dan sebenar-benarnya,” jelas Heri.

 

Meskipun mengikat, jelas Heri, keputusan panwaslu kabupaten Pemalang bersifat rekomendasi. Artinya, jika ada pihak yang merasa kurang puas dengan putusan yang ada, masih ada lembaga yang lebih tinggi lagi yakni PT TUN.

 

“Ada 3 opsi putusan bagi kami, yakni mengabulkan permohonan penggugat, menolak permohonan penggugat, atau menguatkan keputusan KPU,” jelas Heri.

 

Adapun mekanisme proses penyelesaian sengketa, layaknya sidang pada umunya, dimana, putusan diambil dengan dasar dan pertimbangan mulai dari keterangan pihak-pihak yang bersengketa, bukti-bukti yang ada, dan keterangan saksi-saksi serta saksi ahli. (benx)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.