Digital Media Online

Dukung Percepatan Kekebalan Komunal, Binda Jateng Gelar Vaksinasi Covid-19

0 3,235

BREBES – Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jawa Tengah menggelar vaksinasi massal di 3 Kabupaten Kamis (2/12) siang. Vaksinasi yang menyasar pelajar dan masyarakat secara door to door itu, digelar di Kabupaten Magelang Brebes dan Wonosobo.

Kabinda Jateng Brigjen TNI Sondi Siswanto melalui siaran rilisnya mengatakan vaksinasi dilaksanakan sesuai dengan arahan Kepala BIN Jendral Polisi (Purn) Budi Gunawan. Itu dilakukan untuk mendukung program pemerintah dalam rangka percepatan program vaksinasi Covid-19 guna mewujudkan herd immunity (kekebalan komunal) pada akhir 2021.

“Sebanyak 8.000 dosis vaksin disiapkan Binda Jateng, untuk pelaksanakan vaksinasi pelajar dan masyarakat secara door to door di 7 lokasi di tiga Kabupaten yaitu Magelang, Brebes dan Wonosobo,”katanya.

Kabinda mengungkapkan pelaksanaan vaksinasi pelajar dilaksanakan di SMK Negeri 1 Brebes, sementara untuk masyarakat dilaksanakan di Islamic Center Brebes dan Desa Karanglo. Sedangkan, vaksinasi Magelang dilaksanakan di Desa Kalinegoro Kecamatan Martoyudan, Desa Beteh Kecamatan Candimulyo dan Desa Bumirejo Kecanatan Mungkid.

“Kemudian Wonosobo dilaksanakan di Desa¬† Deroduwur, Kecamatan Mojotengah. Pada pelaksanaan vaksinasi door to door ini, Tenaga Kesehatan dari Binda Jateng kembali menyisir warga yang belum melaksanakan vaksin terutama kelompok difabel dan lansia,”jelasnya.

Kabinda berharap, pelaksanaan door to door itu, mampu meningkatkan capaian vaksinasi wilayah yang menjadi lokasi pelaksanaan vaksinasi. Sementara itu, vaksinasi pelajar diharapkan dapat membantu terselenggaranya PTM (pembelajaran tatap muka) di wilayah.

“Kami sangat berterima kasih kepada seluruh pihak yang membantu terlaksananya vaksinasi di ketiga lokasi tersebut yaitu Magelang, Wonosobo dan Brebes,”tegasnya.

Saat ini, kata Kabinda, seluruh jajaran di Jateng sedang berupaya keras untuk memberikan pelayanan vaksinasi kepada masyarakat. Itu, untuk mendukung kebijakan Kepala BIN dalam menyelesaikan target 2 juta dosis vaksin secara nasional.

“Khusus untuk Binda Jateng mendapatkan alokasi sebesar 177.000 dosis yang harus dihabiskan hingga akhir 2021. Kami optimis dengan Kerjasama seluruh pihak target itu dapat diselesaikan dan dapat membantu wilayah mencapai target 70 persen vaksinasi,”ujar Kabinda.

Ditambahkan Kabinda, pihaknya berharap kepada pelajar dan masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan mengingat pandemi belum berakhir. Selain itu, juga diharapkan pada libur Nataru 2022 dapat menahan diri untuk tidak melakukan perjalanan keluar daerah untuk menekan persebaran covid-19.

“Harapan kami dengan terselenggaranya program ini, aktivitas masyarakat di wilayah dapat kembali seperti sediakala, seperti sebelum terjadinya pandemi,”pungkasnya. (Redaksi)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.