Digital Media Online

Wali Kota Tegal Dikukuhkan Menjadi Warga Kehormatan PSHT Pusat Madiun

0 52


INFOPANTURA.COM-TEGAL– Pendopo Ki Gede Sebayu, Komplek Balai Kota Tegal, malam Minggu dikepung ratusan pendekar pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) se jawa hadir di Kota Tegal. Bukan untuk merusak ataupun ada pertarungan antar pendekar, melainkan untuk mengukuhkan Wali Kota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, SE, MM, sebagai warga dan pendekar kehormatan PSHT  Pusat Madiun. Pengukuhan dilakukan bersamaan dengan Malam Syuroan dan Pengesahan 275 Warga Baru Tingkat 1 PSHT di Halaman Pendopo Ki Gede Sebayu Sebayu Komplek Balaikota Tegal, Sabtu 05 September 2020 malam.

Pengukuhan Wali Kota Tegal menjadi Warga Kehormatan PSHT sendiri dilakukan langsung oleh Ketua Umum PSHT Pusat Madiun, R Moerjoko dengan disaksikan oleh Ketua Cabang PSHT dari berbagai daerah, para calon Warga Baru Tingkat 1 dari Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Brebes, Batang hingga Cirebon dengan latar belakang terdiri dari pelajar, mahasiswa, pengusaha, wiraswasta, ASN hingga TNI-POLRI.

Dedy Yon dalam kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada pengurus PSHT Pusat Madiun yang sudah mengukuhkan dirinya sebagai warga kehormatan PSHT. Menurutnya, pengukuhan ini merupakan sebuah penghargaan yang luar biasa serta sebagai upaya untuk melestarikan bersama budaya asli Indonesia yakni Pencak Silat.

“Yah tadi saya diterima sebagai warga kehormatan PSHT, saya mengucapkan terima kasih atas penghargaan ini,” kata Dedy Yon.

Dia berharap dengan adanya kegiatan tersebut para generasi muda di Kota Tegal dapat lebih mengenal Pencak Silat sebagai budaya asli Indonesia. Sebagai langkah awal untuk lebih mengenalkan Pencak Silat di Kota Tegal, Wali Kota bahkan memiliki rencana agar Anggota Satpol PP di Kota Tegal dapat belajar Pencak Silat di PSHT Kota Tegal.

Sementara itu, Ketua PSHT Pusat Madiun, R Moerjoko mengatakan pengukuhan Walikota Tegal sebagai warga kehormatan PSHT, dikarenakan dinilai memiliki prestasi baik sehingga diharapkan menjadi pelopor serta contoh bagi generasi muda dan khususnya para pendekar PSHT agar dapat meniru prestasi yang diraih.

Di tambahkan Moerjoko selain mengesahkan 275 warga baru dari Kota Tegal dan sekitarnya, PSHT Pusat Madiun di tahun 2020 ini bahkan telah mengesahkan sebanyak 82.000 Warga Baru yang tersebar dari Aceh hingga Papua.

Moerjoko berpesan kepada seluruh warga baru yang telah disahkan, agar mengamalkan ilmu dengan baik serta memiliki akhlak serta jiwa pendekar yang kuat yang dapat di aplikasikan dalam kehidupan sehari – hari.

Ketua Ikatan Pencak silat Seluruh Indonesia (IPSI) Cabang Kota Tegal, Edy Suripno menyambut baik Wali Kota Tegal, mendapat penghargaan sebagai warga kehormatan PSHT. Ternyata walikota mempunyai perhatian dengan dunia pencak silat di Kot Tegal. “Mudah-mudahan ini menjadi spirit untuk mendoro ng  budaya pencak silat semakin maju dan tambah berjaya,” ujar Edy Suripno.

Uyip menambahkan, saat itu IPSI sudah punya sarana untuk kontak body di lapangan Tegal Selatan, hanya saja untuk sarana untuk latihan belum ada. “Kami rencanakan di ubahan DED, mudah-mudahan di tahun 2021, ada tambahan fasiitasi untuk sarana latihan untuk body contac. Di Tegal ada 25 perguruan pencak silat,” tandasnya.

Uyip merencanakan bulan Desember 2020, jika kondisinya membaik akan menggelar kejuaraan nasional  (Kejurnas) IPSI pelajar, di Kota Tegal. (Johari)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.