Digital Media Online

Tiga Pilar Kecamatan Tegal Timur, Gelar Operasi Masker di Obyek Wisata

0 35

INFOPANTURA.COM (Tegal) – Tiga pilar TNI,Polri, ASN  Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal Jawa Tengah, menggelar Operasi Yustisi Masker, di obyek wisata Pulo Kodok dan Pantai Batamsari, Kelurahan Pangung, Kecamatan Tegal Timur, Sabtu 26/09/2020.

Pengunjung yang kedapatan tidak pakai masker, dikenai sanksi diantaranya denda Rp 100 ribu, pushap dan menghapal Pancasila atau menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Namun mereka lebih memilih push-up dan menghapal Pancasila.   

Camat Tegal Timur Kota Tegal Zaenal Ali Mukti mengatakan, gerakan memakai masker dan kepatuhan terhadap protokol kesehatan (Prokes) terus dilakukan agar masyarakat sadar akan pentingnya kesehatan. Karena seperti kita ketahui, pandemi covid-19 masih berlangsung dan tidak bisa dianggap remeh.

“Jika masyarakat tak peduli dengan imbauan pemerintah, maka angka positif akan naik terus.Kita ketahui, virus covid-19 hingga saat ini belum ada obatnya, hanya imun tubuh yang bisa melawan virus covid-19,” kata Zaenal Ali Mukti di Pantai Batamsari, Sabtu 26/09/2020..

Masyarakat diimbau untuk mematuhi Prokes yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan (4 M). Serta melaksanakan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) di setiap rumah.

Operasi Yustisi masker di obyek wisata agar pengunjung tetap mematuhi Prokes. Pengunjung yang kedapatan tidak memakai masker maka dikenakan sanksi fisik seperti push up ataupun menghapal Pancasila.

“Kami masih memberikan pemahaman dan sanksi fisik, padahal kita tahu di Kota Tegal sudah diberlakukan sanksi denda bagi yang tidak bermasker. Jika tidak ingin dikenai sanksi denda, maka harus memakai masker,” ujar Zaenal.

Perlu diketahui kasus covid-19 di Kota Tegal terus meningkat, setiap hari. Protokol kesehatan secara ketat, menjadi salah satu upaya untuk mencegah penularan covid-19. Dari mulai menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak dan menghindari kerumunan serta melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Jika masyarakat melakukan atau mematuhi hal tersebut, tentunya covid-19 bisa dihindari. (JOH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.