Digital Media Online

HUT RI ke 75, 81 Warga Binaan Rutan Kelas IIB Pemalang Dapatkan Remisi

0 22

INFOPANTURA.COM (Pemalang) – 81 orang warga binaan Rutan kelas II B Pemalang mendapatkan remisi berupa pengurangan masa hukuman. Remisi dalam rangka perayaan HUT RI ke 75 diberikan secara simbolik pada Senin (17/8) dihadiri oleh Forkopimda.

“Pemberian remisi ini berdasarkan pada Peraturan Pemerintah RI Nomor 99 tahun 2012 tentang perubahan kedua atas Peraturan Pemerintah nomor 32 tahun 1999 tentang syarat dan tata cara pelaksanaan hak warga binaan pemasyarakatan,” ungkap Kepala Rutan, Sugiharto.

Sugiharto menuturkan, jumlah penghuni yang ada di Rutan Kelas II B saat ini ada 157 orang terdiri dari 126 narapidana dan 31 orang tahanan. Dari jumlah tersebut, 1 orang tahanan tindak pidana korupsi, kasus narkoba 8 orang tahanan dan 24 orang narapidana. Sementara untuk kasus Pidana Umum (Pidum) berjumlah 23 orang tahanan dan 101 narapidana.

“Sebelumnya, Rutan Kelas II B Pemalang mengajukan 115 orang warga binaan, namun melalui Kemenkumham hanya diberikan kepada 81 orang dengan besaran remisi bervariasi. Di antaranya remisi 1 bulan diberikan kepada 39 orang, remisi 2 bulan diberikan kepada 17 orang, remisi 3 bulan untuk 18 orang, remisi 4 bulan untuk 5 orang, dan remisi 5 bulan untuk 2 orang,” kata Sugiharto.

Sugiharto menjelaskan, untuk remisi tentunya diberikan kepada warga binaan yang berkelakuan baik. Sementara sebelumnya terdapat 34 orang warga binaan sudah menjalani program asimilasi pada saat pandemi Corona sebagaimana Permen nomor 10 tahun 2020.

“Warga binaan yang mendapatkan remisi tidak ada yang berkesempatan untuk bebas dari rutan, namun telah dikurangi masa kurungan saja,” pungkasnya. *Red

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.