Digital Media Online

YDBA Serahkan Kendaraan Operasional untuk TMI

0 44

TEGAL – Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) dalam pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Tegal menyerahkan bantuan berupa mobil operasional untuk Tegal Manufaktur Indonesia (TMI). Hal itu sebagai bentuk kontribusi dalam membantu salah satu unit bisnisnya, yaitu Material Center yang memiliki peran untuk memenuhi kebutuhan bahan baku produksi yang kompetitif bagi anggota Koperasi TMI.

Penyerahan 1 unit kendaraan operasional oleh Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) diwakili oleh Kepala Departemen Training & Mentoring YDBA, Aloysius Daniel Harbianto (kedua kanan) kepada Ketua Koperasi TMI, Muhamad Jahidin (kedua kiri) disaksikan oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Tegal, Moh. Nur Ma’mun, SH. M. Hum. (ketiga kanan) di Ruang Pertemuan LIK, Takaru, Tegal (8/7)

Ketua YDBA Sigit P. Kumala dalam sambutannya secara virtual mengatakan sejak 1996 pihaknya telah berkolaborasi bersama Dinas Perindustrian Kabupaten Tegal mendirikan Unit Informasi Usaha Kecil dan Koperasi (UIUKK). Kemudian di 2013 diremajakan kembali bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tegal menjadi Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) Tegal.

“LPB Tegal sendiri memiliki peran untuk memandirikan UKM melalui berbagai program, hingga akhirnya terbentuk Koperasi pada 2018,”katanya.

Menurut Sigit, TMI ini merupakan badan usaha berbentuk koperasi dengan anggota 25 UKM Mitra Binaan LPB Tegal dengan berbagai bidang, antara lain komponen otomotif, alat berat, perkapalan dan peralatan rumah tangga.
Adanya kendaraan operasional ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas bisnisnya.

“Kami berharap kepada UKM Tegal agar bisnis yang dijalankan para UKM dapat semakin maju dan bisa menjadi pemain internasional,”pungkasnya.

Ketua Material Center Koperasi TMI, Tri Sukamto mengatakan peran Koperasi TMI dalam pengembangan UKM di Tegal, salah satunya dengan membentuk unit bisnis. Yaitu Material Center yang diluncurkan pada Agustus 2019.

“Dimana fokus bisnis Material Center itu sendiri, antara lain pengadaan material komponen alat berat dan perkapalan, penjualan produk consumable, jasa dan logistik,”ujarnya.

Sementara itu, hadir secara virtual dalam kegiatan ini, yaitu Ketua Pengurus YDBA Sigit P. Kumala, Sekretaris Pengurus YDBA Ida R.M. Sigalinging dan Bendahara Pengurus YDBA Handoko Pranoto.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.