Digital Media Online

Rapid Test, Seluruh Pegawai Dan Warga Binaan Rutan Kelas IIB Pemalang Negatif

0 57

INFOPANTURA.COM (Pemalang) – Rutan kelas IIB Pemalang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang menggelar Rapid Test secara masif kepada seluruh pegawai dan warga binaan pemasyarakatan dilapangan Blok A dan Blok B. Hal itu dilakukan sebagai salah satu upaya meminimalisir dan memutus mata rantai penyebaran virus Covid19 yang tak kunjung usai bahkan terus meningkat.

“Sebanyak 38 pegawai dan 175 warga binaan pemasyarakatan Rutan kelas IIB Pemalang mengikuti Rapid Test. Dalam pelaksanaanya, kami dibantu oleh 4 orang tenaga kesehatan dari DKK Pemalang,” kata Kepala Rutan kelas IIB Pemalang, Sugiharto, Senin (20/7).

Sugiharto menuturkan, jika ada pegawai atau warga binaan dengan hasil reaktif terhadap rapid test, akan dikarantina di kamar yang telah disiapkan. Setelah itu, mereka akan melanjutkan dengan Swab dan tes polymerase chain reaction (PCR).

“Rapid test ini hanya digunakan untuk screening awal, karena bagaimanapun rutan menjadi salah satu tempat yang rawan penyakit menular. Dan kami sebagai petugas pemasyarakatan berkewajiban menjaga mereka agar tetap sehat,” ujar Sugiharto.

Kepala Rutan Kelas IIB Pemalang, Sugiharto, ikuti Rapid Test

Dalam rapid test yang diselenggarakan kurang lebih 3 jam yakni dari pukul 09.00 hingga 12.00 WIB itu, jelas Sugiharto, sebanyak 38 pegawai dan 175 warga binaan pemasyarakatan Rutan kelas IIB Pemalang dinyatakan negatif Covid19.

“Meskipun begitu, Rutan Pemalang tetap berupaya secara maksimal dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada warga binaan dengan memberikan makanan yang bergizi disertai dengan olahraga dan program pembinaan yang cukup. Serta selalu menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah,” pungkasnya. (BP)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.