Digital Media Online

Terima Asimilasi Dan Integrasi, 61 Warga Binaan Rutan Kelas IIB Pemalang Bebas

0 50

INFOPANTURA.COM – Pemalang – Total sebanyak 61 warga binaan Rutan Kelas IIB Pemalang, akhirnya bebas pada Senin (6/4/2020). Mereka menjalani program asimilasi dan integrasi dalam rangka mencegah penyebaran virus covid19.

“Berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 10 Tahun 2020 tentang Syarat Pemberian Asimilasi dan Hak Integrasi bagi Narapidana dan Anak dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Covid19, kami memberikan asimilasi secara bertahap kepada warga binaan untuk dipulangkan, yakni 15 warga binaan pada 1 April 2020 kemarin dan 46 warga binaan pada Senin (6/4),” jelas Ka. Rutan Sugiharto, diruang kerjanya.

Menurut Sugiharto, tujuan dari asimilasi, selain sebagai langkah pemenuhan hak integritas para warga binaan untuk kembali menyatu dengan lingkungan masyarakat, juga sebagai upaya pemutusan mata rantai penyebaran virus covid19, karena rutan merupakan tempat yang sangat rentan dan beresiko dalam penyebaran virus.

“Syarat untuk dipulangkan melalui mekanisme asimilasi ini adalah mereka warga binaan yang memang sudah menjalani setengah masa pidana dan dua pertiganya jatuh sampai dengan tanggal 31 Desember 2020 ini serta tidak terkait dengan PP Nomor 99 Tahun 2012,” tuturnya.

warga binaan yang bebas berpoto bersama jajaran Rutan kelas IIB Pemalang

Lebih lanjut Sugiharto menegaskan bahwa, warga binaan yang diasimilasikan bukan berarti boleh ke mana-mana, mereka akan tetap berada di rumah sesuai pernyataan yang dibuat dengan keluarga sebagai penjamin dan selalu berkordinasi melalui telepon.

Harapanya, tandas Sugiharto, program asimilasi ini dapat memecahkan permasalahan ovecrowding atau kepadatan jumlah hunian di Rutan Pemalang sehingga ada jarak yang lebih jauh antar warga binaan.

“Selain melaksanakan program diatas, kami juga melakukan penundaan penerimaan tahanan baru. Dan untuk warga binaan, kami rutin melakukan pengecekan kesehatan, menyediakan bilik antiseptik, tempat cuci tangan, masker, serta tambahan suplemen seperti vitamin, air jeruk dan jahe untuk warga binaan,” pungkasnya. (BP)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.