Digital Media Online

Guru Swasta Diminta Gaungkan Pengawasan Kepada Peserta Didik

0 18
Suasana Sosialisasi

TEGAL – Sejumlah guru yang tergabung dalam Persatuan Guru Swasta Indonesia (PGSI) Kota Tegal mengikuti kegiatan sosialisasi Pengawasan partisipatif yang diselenggarakan Bawaslu setempat pada Selasa (3/3) siang. Kegiatan itu dimaksudkan untuk mengajak para guru menggaungkan semangat pengawasan partisipatif kepada para peserta didik.

Ketua Bawaslu Kota Tegal Akbar Kusharyanto mengatakan para pelajar memiliki potensi yang cukup tinggi untuk andil dalam hal partisipasi pengawasan. Dengan sinergitas stakeholder, termasuk pelajar dan mahasiswa, diharapkan proses pemilu akan berjalan sesuai aturan.

“Karenanya, kita ingin mengajak seluruh guru untuk menggaungkan semangat pengawasan Pemilu kepada anak didik di sekolah,” katanya.

Menurut Akbar, sebelum para pelajar menerima pendidikan politik, guru memiliki peran strategis untuk mengimplementasikan nilai-nilai pengawasan pastisipatif. Itu perlu diberikan sosialisasi terlebih dahulu.

“Kita berharap hasil dari Sosialisasi ini terus akan ditularkan kepada peserta didik sehingga mereka paling tidak menjadi informan bagi Bawaslu,” pungkasnya.

Salah satu narasumber Sri Sutjiatmi mengatakan pendidikan politik kepada generasi milenial perlu diberikan. Itu dilakukan guna meletakkan dasar-dasar berpolitik secara bermartabat.

“Dengan nilai demokratis yang bagus, sambungnya, maka memiliki arah dan dasar untuk ikut serta membangun demokrasi di Indonesia,”ujarnya. (Redaksi)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.