Digital Media Online

18,3 Miliar Disiapkan Untuk Tangani Corona Di Pemalang

0 17

INFOPANTURA.COM – Pemalang – Sebesar 18,3 miliar dari APBD 2020 sepakat direalokasikan untuk pencegahan dan penanganan pandemi virus covid-19 (corona), keputusan tersebut diambil dalam rapat pimpinan di ruang paripurna gedung DPRD Pemalang, pada Jumat (27/3).

Rapat yang dipimpin langsung ketua DPRD Pemalang, H. Agus Sukoco, dihadiri oleh bupati Pemalang, Junaedi diwakili Sekda Dr. Ir. M. Arifin, M.Si., para Wakil Ketua DPRD, Ketua dan Anggota Fraksi serta sejumlah perwakilan OPD.

Dikatakan ketua dewan bahwa, untuk merealisasikan hal tersebut hanya butuh realokasi anggaran, dan tidak harus menunggu APBD Perubahan.

“Cukup dengan persetujuan Banggar dan TAPD bahwa kita setuju untuk dipangkas,” ucapnya.

Menurutnya, untuk mencapai angka tersebut ada beberapa kegiatan yang dialihkan atau dicoret, seperti anggaran perjalanan dinas, rapat-rapat koordinasi, pelatihan-pelatihan dan kegiatan lain yang bisa ditangguhkan.

“Termasuk kegiatan kunjungan kerja (kunker) DPRD, semua kegiatan yang bisa dialihkan, ya kita alihkan,” ujar ketua dewan.

Dalam kesempatan yang sama, Sekda Pemalang juga menjelaskan bahwa, besaran anggaran itu nantinya dialokasikan untuk upaya maksimal pencegahan dan penanganan virus covid-19 (corona) di Pemalang seperti pengadaan alat kesehatan (alkes), alat pelindung diri (APD) dan lainnya. Terkait anggaran untuk bansos pangan ke warga miskin, Sekda memastikan tetap akan dialokasikan. Hanya saja, berapa nominalnya belum diputuskan.

“Khusus untuk bantuan sosial, nilainya sekira 3 miliar, bahkan bisa lebih. Masih kita hitung dan kita kaji lebih dalam, termasuk nanti soal teknisnya. Karena selain penanganan kesehatan, juga menghitung semua dampak yang ditimbulkan, baik sosial maupun ekonomi. Sesuai perintah dan arahan pak bupati, keselamatan dan kesehatan adalah yang utama. Tapi juga menghitung dampak ekonomi, social safety net atau bantuan sosial,” pungkasnya. (BP)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.