Digital Media Online

Pemkab Pemalang Gelar Review Masterplan Smartcity

0 25

INFOPANTURA.COM – Pemalang – Tahun 2020 merupakan tahun ketiga kabupaten Pemalang bergabung dalam Gerakan Menuju 100 Smartcity. Banyak di antara kita yang masih perlu pemahaman lebih lanjut tentang masterplan smart city. Hal itu diungkapkan oleh Sekda Pemalang, Dr. Ir. M. Arifin dalam sambutanya saat membuka acara Review Masterplan Smartcity di Hotel Winner, pada Rabu (5/2).

Menurut Arifin, gerakan smart city atau kota cerdas, adalah wadah kota untuk menciptakan inovasi-inovasi dalam memecahkan berbagai permasalahan yang dirasakan masyarakat dalam kegiatan yang konkret. Smart city juga merupakan sebuah konsep yang dirancang bagi suatu kota untuk dapat mendorong peningkatan kualitas kehidupan manusia dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

“Metode konvensional dirasa sudah tidak dapat mengimbangi kecepatan pertumbuhan masalah yang timbul. Oleh karena itu, dibutuhkan solusi yang lebih inovatif dan memiliki jangkauan pemecahan masalah yang lebih besar. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin mutakhir, canggih, murah dan mudah,” kata Arifin.

Namun, lanjut Arifin, penggunaan teknologi tersebut bukan satu-satunya kunci penyelesaian masalah. Dibutuhkan banyak pendekatan untuk mencapai hasil optimal.

“Salah satunya dengan memanfaatkan sumber daya yang ada secara efektiv, efesien, inovatif, terintegrasi serta berkelanjutan,” imbuhnya.

Arifin mengimbau, karena kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya yang akan terus dilakukan untuk menciptakan perencanaan dan pengembangan kabupaten Pemalang sebagai kota layak huni yang lebih baik di masa depan melalui konsep smart city atau kota cerdas. Maka, kegiatan jangan hanya berfokus pada rapat koordinasi, tapi harus digali lebih dalam lagi melalui Forum Group Discusion (FGD) atau rapat teknis yang memiliki ketepatan sasaran.

“Saya percaya, konsep smart city bisa diterapkan di Pemalang dalam rangka menjadikan Pemalang menjadi kota yang liveable atau layak huni,” tegasnya.

Sementara, Kadis Kominfo Pemalang melalui Sekdin Kominfo, Tantri Ari Cahyaningtyas, melaporkan bahwa, kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai review pelaksanaan smart city 2019, dan sebagai langkah untuk mengembangkan kegiatan smart city 2020 kabupaten Pemalang.

Kegiatan review masterplan smart city dilaksanakan dalam 3 sesi, diikuti 93 orang perwakilan dari unsur Kepala Perangkat Daerah, Kabid dan Kasubag Bina Program dan Keuangan di lingkungan Pemkab Pemalang, serta komunitas di Kabupaten Pemalang, menghadirkan narasumber, Hasyim Gautama, Windy Gambetta, dan Yuda Laksono. *P03

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.