Digital Media Online

Masyarakat Diminta Terapkan PHBS untuk Cegah Corona

0 37
Suasana Talkshow

INFOPANTURA.COM-PEKALONGAN- Meski wilayah Kota Pekalongan masih dikategorikan aman dari penyebaran virus Corona, namun masyarakat diminta untuk tetap waspada. Mereka diharapkan dapat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) untuk mencegah penyebaran virus mematikan itu.

Itu disampaikan Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Kota Pekalongan Dr Indah Kurniawati dalam kegiatan Live Talk Show dan Dialog Kesehatan dengan Tema ‘Mencegah Penyebaran Virus Corona’ disalah satu radio di Kota Pekalongan. Sejumlah warga tampak antusias dengan menyampaikan beberapa pertanyaan saat kegiatan berlangsung.

Menurut Dr Indah Kurniawati virus corona sudah ada sejak lama yang bisa menginfeksi manusia ataupun hewan. Pada manusia gejalannya bisa berupa saluran pernafasan akut.

“Apabila infeksi berlanjut ke saluran nafas yang bagian bawah akan timbul gejala batuk dan sesak nafas. Sehingga terjadi gagal nafas,”katanya.

Lembaga yang berhak menentukan terkontiminasi dengan virus corona adalah WHO. Meski Indonesia masih nihil, tapi harus tetap waspada dan tidak terlalu panik.

Menurutnya, penyebaran virus terjadi karena faktor internal dan eksternal. Internal yaitu suatu faktor yang tidak bisa di rubah lagi. Misalnya, dari faktor genentik tubuh yang rentang terhadap penyakit.

“Faktor eskternal, misalnya pada etika batuk juga perlu di lakukan dengan memakai masker,”jelasnya.

Menurut Indah, virus Corona bisa dicegah dengan menerapkan hidup bersih dan sehat. Sebab yang bisa menentukan kesehatan diri sendiri.

“Karenanya, mari kita terapkan pola hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari,”ujarnya.

Selain itu, jangan terprovokasi dengan informasi informasi dan berita hoax seputar virua corona yang ada di Indonesia terutama di Kota Pekalongan. (Redaksi)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.