Digital Media Online

Ziarah Makam Leluhur Jadi Agenda Rutin Peringatan Hari Jadi Pemalang

0 24
Ziarah Makam Leluhur Pemalang pada peringatan Hari Jadi Pemalang ke 445

INFOPANTURA.COM – Pemalang – Seperti tahun-tahun sebelumnya, ziarah kubur ke makam para leluhur Pemalang menjadi agenda rutin yang dilaksanakan setiap memperingati Hari Jadi Kabupaten Pemalang. Pun pada rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi Kabupaten Pemalang ke 445 di tahun 2020 ini. Selain ziarah di makam Suronatan yang berada tepat dibelakang Masjid Agung Nurul Kalam, Kamis (23/1/2020), kegiatan yang sama juga dilaksanakan disejumlah makam lainnya, seperti di makam Pagaran, makam Gusti Sepuh Sigeseng di Kecamatan Petarukan, makam Syekh Maulana Maghribi di Kecamatan Ulujami, makam Syekh Hadiyana Natasangin di Kecamatan Watukumpul dan makam Mbah Raden Mengoneng di Kecamatan Pemalang.

Bupati Pemalang, dalam sambutan yang dibacakan oleh Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Mualip mengatakan bahwa, kegiatan ziarah adalah untuk mendoakan arwah para leluhur Pemalang yang telah berjasa meletakkan dasar-dasar yang kokoh dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah serta penanaman nilai-nilai luhur dalam kehidupan bermasyarakat di Kabupaten Pemalang.

Dalam kesempatan itu, Bupati mengajak kepada para peziarah untuk mendoakan arwah para leluhur Pemalang seraya berharap, Allah SWT mengampuni segala dosa dan kesalahan yang pernah dilakukan dan meridhoi setiap amal ibadah yang pernah dikerjakan serta mendapatkan tempat terbaik disisiNya. Dan berharap, kita yang ditinggalkan diberi kemampuan dan kemudahan untuk bisa melanjutkan cita-cita membangun Pemalang kearah yang lebih baik lagi.

Bupati juga menegaskan bahwa, ziarah yang dilakukan hari ini selain sebagai wujud syukur atas Hari Jadi Kabupaten Pemalang, juga memiliki makna penting bagi kehidupan, salah satunya untuk meningkatkan kepedulian terhadap sesama. *P03

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.