Digital Media Online

Peringatan HUT Pemalang, Kirap Pataka Masih Jadi Agenda Yang Ditunggu Warga

0 45
Kirap Pataka HUT Pemalang ke 445

INFOPANTURA.COM – Pemalang – Seperti di tahun-tahun sebelumnya, prosesi hari jadi berupa kirap Pataka dan Kereta Kencana menjadi salah satu agenda yang dinanti-nanti masyarakat Pemalang. Mereka rela berjajar di sepanjang jalan untuk melihat arak-arakan yang digelar hanya setahun sekali tersebut.

Meski tahun ini tanpa kehadiran bupati dengan kereta kencana Kyai Seto Mraman serta terlihat lebih sederhana dibandingkan sebelumnya, namun hal tersebut tidak mengurangi makna HUT Pemalang ke 445 yang jatuh pada Jumat (24/1/2020).

Rombongan kirab yang berjalan sejauh kurang lebih 5 kilometer terdebut diawali dengan Bendera Pataka dan Merah putih yang dibawa menggunakan mobil dan diikuti oleh Kereta Kyai Turonggojati dan Kereta Kencana. Mengambil start dari areal kompleks makam dan persiapan di balai desa Sungapan, rombongan kirap melintasi Jalan Taman Makam Pahlawan lalu Jalan DI Panjaitan – Jalan Gatot Subroto Sirandu – Jalan A Yani – Alun-alun, lalu Jalan Surohadikusumo dan finish di halaman pendopo Kabupaten Pemalang.

Dengan urutan iring-iringan kereta adalah Pasukan inti Kabupaten berada di depan kereta yang ditumpangi Wakil Bupati. Menyusul kemudian pasukan pengawal kereta kedua yang ditumpangi Ketua DPRD Pemalang. Berjalan paling depan adalah seorang perwira angkatan perang yang berjulukan Manggalayudha. Semua peserta kirap mengenakan busana Jawa tempo dulu yang didominasi warna hitam.

Setiba di halaman pendopo, peserta iring-iringan pun mengambil tempat di kursi yang telah tersedia. Tepat pukul 11.00 siang, acara lanjutan dimulai, yakni puncak acara Sidang Paripurna Istimewa.

Kegiatan yang bernuansa sakral ini diikuti oleh Wakil Bupati, Sekda beserta jajaran OPD, Pimpinan Forpimda, Ketua beserta Anggota DPRD Pemalang, Kades/Kalur se Kabupaten Pemalang, Camat se Kabupaten Pemalang dan ratusan undangan lainnya. *P03

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.