Digital Media Online

Kenalkan Rias Pengantin Pemalangan, HARPI Melati Gelar Seminar dan Sosialisasi Sekaligus Melantik 13 Ranting Sekabupaten Pemalang

0 59
Prosesi pelantikan ranting HARPI Melati seKabupaten Pemalang

INFOPANTURA.COM – Pemalang – Himpunan Ahli Rias Pengantin Indonesia (HARPI) Melati cabang kabupaten Pemalang resmi melantik 13 ranting se kabupaten Pemalang untuk periode 2019-2023, Senin (28/10/2019) di Hotel Winner Pemalang. Adapun 13 ranting yang dilantik yakni Ranting Ulujami, Ranting Comal, Ranting Bodeh, Ranting Ampelgading, Ranting Petarukan, Ranting Taman, Ranting Pemalang, Ranting Bantarbolang, Ranting Randudkngkal, Ranting Warungprjng, Ranting Moga, Ranting Belik, dan Ranting Pulosari.

Agenda pelantikan ranting sekaligus seminar dan sosialisasi tata rias pengantin Pemalang Putri dan Pemalang Sintren yang diikuti 400 perias pengantin tersebut dihadiri oleh Kepala Disparpora, Kepala Dindikbud, budayawan dan tamu undangan lainya.

Ditemui usai kegiatan, Ketua HARPI MELATI Pemalang, Hj. Ratna Hidayati mengatakan, kegiatan sosialisasi dan seminar merupakan kegiatan lanjutan untuk lebih mengenalkan tata rias pengantin Pemalangan.

“Pemalang sendiri memiliki mode tata rias pengantin yakni Pemalang Putri dan Pemalang Sintren. Dan mode tata rias Pemalangan yang kita punya juga sudah meraih prestasi baik di tingkat provinsi maupun nasional, seperti juara satu tata rias Pemalang Sintren siswa didik terbaik tingkat Provinsi Jateng pada 2018 dan 2019 serta juara satu tata rias pengantin busana daerah terbaik tingkat Provinsi Jateng belum lama ini,” kata Ratna.

Dengan berbagai prestasi yang sudah berhasil dicapai, lanjut Ratna, tugas kita sekarang adalah bagaimana kita bisa lebih mengenalkan melalui berbagai kegiatan sosialisasi kepada masyarakat agar bisa lebih mencintai tata rias Pemalangan sehingga bisa lebih berkembang, lebih maju, juga lebih dikenal oleh masyarakat Pemalang khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

“Kita mempunyai model tata rias Pemalangan yang tidak kalah dengan daerah lain. Maka, diharapkan untuk perias Pemalang khususnya anggota Harpi Melati bisa berinovasi dan berkarya lebih bagus serta bisa lebih berprestasi lagi,” jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua panitia, Rini Ponco, kegiatan pelantikan ranting Harpi Melati se kabupaten Pemalang sekaligus seminar dan sosialisasi tata rias pengantin Pemalang Putri dan Pemalang Sintren merupakan langkah pengurus guna lebih mengenalkan tata rias Pemalangan.

“Sebagai warga perias, kita harus tau bahwa kita punya tata rias Pemalangan beserta pakem-pakemnya,” ucap Rini.

Rini berharap, kegiatan sosialisasi tata rias pengantin Pemalangan akan terus berlanjut sehingga masyarakat atau warga yang akan mengadakan hajatan pengantin bisa memakai tata rias pengantin Pemalangan. *bepe

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.