Digital Media Online

Rotasi dan Mutasi Jabatan, Bupati Pemalang Lantik 247 PNS

0 60
pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pejabat struktural dan pejabat fungsional di lingkungan pemerintah kabupaten Pemalang Tahun 2019

INFOPANTURA.COM – Pemalang – Bupati Pemalang Dr. A.P. H. Junaedi, SH.MM. hari ini, Rabu (18/9/2019), melantik dan mengambil sumpah/janji 247 PNS, di pendopo kabupaten Pemalang. Kegiatan tersebut dilakukan dalam upacara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pejabat struktural dan pejabat fungsional di lingkungan pemerintah kabupaten Pemalang Tahun 2019.

Dari 247 orang PNS yang dilantik, mereka berasal dari golongan Eselon II.b, Eselon III.a, Eselon III.b, Eselon IV.a, dan Eselon IV.b, serta tambahan dari fungsional.

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan, Undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Pemerintah nomor 11 tahun 2017 tentang Manajemen PNS telah mengatur manajemen pegawai negeri sipil secara menyeluruh dengan menerapkan norma, standar dan prosedur yang seragam dalam penetapan formasi, pengadaan, pengembangan, pola karier, penetapan gaji dan program kesejahteraan serta pemberhentian yang kesemuanya merupakan unsur manajemen pegawai negeri sipil.

“Pengambilan sumpah dan pelantikan pada hari ini dilaksanakan berdasar norma, standar dan prosedur manajemen kepegawaian,” kata bupati.

Bupati juga menjelaskan bahwa, pembentukan panitia seleksi (pansel) melibatkan akademisi dan profesional serta penerapan assessment test bekerjasama dengan Universitas Diponegoro bagi proses seleksi jabatan pimpinan tinggi pratama. Penerapan assessment test tidak hanya untuk promosi, namun juga diberlakukan untuk rotasi atau mutasi.

“Dengan penerapan norma, standar dan prosedur manajemen kepegawaian yang baku, terarah, dan terukur, diharapkan dapat menciptakan kualitas pegawai negeri sipil yang memiliki kompetensi sesuai tuntutan perubahan jaman guna menyongsong persaingan global, keterbukaan pasar dan era revolusi industri generasi 4.0, serta terwujudnya kesamaan dan keselarasan perlakuan dan jaminan kepastian hukum bagi seluruh pegawai negeri sipil,” jelas bupati.

Bupati berpesan, APBD Perubahan 2019 yang telah ditetapkan untuk dipergunakan seoptimal mungkin dengan mengedepankan prinsip akuntabilitas, efektifitas dan efisiensi, karna anggaran ditetapkan untuk membangun kesejahteraan dan kemakmuran bagi warga Pemalang.

“Bagi pejabat yang dilantik hari ini, berada ditempat tugas yang baru, tidak boleh melupakan tempat tugas yang lama. Pertanggungjawabkan apa yang sudah dilakukan. Beri informasi kepada pejabat baru apa yang menjadi rencana kerja sebelumnya. Segera lakukan serah terima jabatan,” tuturnya.

Bupati juga mengingatkan, agar pejabat sebelumnya tetap bertanggung jawab untuk memberikan informasi dan fasilitasi atas prlaksanaan pembangunan infrastruktur, karena pada saat ini BPK sedang melakukan review dan pembinaan terhadap hasil pembangunan infrastruktur tahun 2019.

“Kepada pejabat baru, pelajari tugas dan tanggung jawab ditempat tugas yang baru. Jangan sungkan bertanya kepada lingkungan sekitar, baik rekan, saudara maupun bawahan. Lakukan kordinasi internal dalam pelaksanaan tugas kedepan,” ungkap bupati.

Menutup sambutanya, Bupati kembali menegaskan bahwa, tahun 2020 adalah tahun politik. Cerdas dan bijak dalam bersikap, berucap dan bertindak. Jaga Netralitas ASN dengan Nihil Pelanggaran Disiplin. Kawal dan sukseskan Pemilihan Bupati/Wakil Bupati Pemalang Periode 2021-2024 serta Pilkades Serentak 2020.

Di akhir acara, bupati didampingi ketua DPRD Pemalang, Pj Sekda Pemalang, Forkopimda, dan rokhaniwan berkesempatan memberikan ucapan selamat kepada pejabat yang baru dilantik. *bepe

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.