Digital Media Online

Puncak Peringatan HUT RI ke 74, Desa Banjardawa Tampilkan Seni Ketoprak

0 39
Penampilan grup ketoprak Suka Budaya desa Banjardawa

INFOPANTURA.COM – Pemalang – Penampilan ketoprak dari grup Suka Budaya mengisi acara puncak peringatan HUT RI yang ke 74 desa Banjardawa pada Sabtu (31/8) malam di aula balai desa Banjardawa, kecamatan Taman, kabupaten Pemalang.

Grup ketoprak yang beranggotakan staf desa, karang taruna, Linmas, hingga para kader PKK tersebut tampil membawakan lakon Kebo Marcuet Gugur, diadopsi dari masa Kerajaan Mataram, Majapahit, hingga Blambangan.

“Ya benar, pementasan ketoprak ini jadi puncak peringatan HUT RI Ke 74 desa Banjardawa. Adapun maksud dan tujuan yang terkandung yakni membakar semangat generasi muda untuk tetap menjaga, melestarikan, dan memelihara seni budaya tanah Jawa agar kebudayaan asli Bangsa dan Negara ini tak lekang tergerus jaman,” ungkap kepala desa Banjardawa, Sukandar.

Ditambahkan oleh Sukandar, grup ketoprak Suka Budaya binaanya tersebut terhitung sudah 2 tahun berdiri. Selama 2 tahun kiprahnya, grup tersebut disambut baik oleh warga masyarakat, bahkan tak sedikit warga yang mengundang untuk pentas di berbagai acara.

“Selama kiprah kami selalu disambut dengan baik, saat pentas di desa Banjardawa sendiri atau saat pentas di luar desa,” imbuhnya.

Kepala desa Banjardawa, Sukandar

Sukandar juga menjelaskan bahwa, dewasa ini, dampak dari kemajuan teknologi terasa makin mengurangi minat generasi muda untuk melestarikan seni budaya. Hal itu menjadi perhatian tersendiri bagi pemerintah desa Banjardawa membentuk grup ketoprak Suka Budaya sebagai sarana nguri-uri udaya asli warisan nenek moyang.

“Dengan begitu, seni budaya yang merupakan warisan leluhur tak akan pernah lekang oleh waktu dan akan tetap langgeng,” tandasnya. *bepe

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.