Digital Media Online

Juara Harapan III, Kabag Hukum Setda Pemalang; Raihan JDIHN Award 2019 Adalah Sukses Milik Bersama

0 61
berpose, kabag beserta jajaran bagian hukum setda Pemalang

INFOPANTURA.COM – Pemalang – Keberhasilan kabupaten Pemalang meraih penghargaan Harapan III Anggota Terbaik JDIHN 2019 tak lepas dari partisipasi semua jajaran bagian hukum, juga kerjasama dengan berbagai pihak dilingkungan pemkab Pemalang. Hal itu diungkapkan oleh Kabag Hukum Setda Pemalang, Pujianto, SH. dikantornya baru-baru ini.

Puji mengatakan bahwa, proses pembuatan aplikasi sudah berjalan sejak lama dari 2013 silam. Berjalanya waktu, di tahun 2015 meraih predikat juara I tingkat provinsi, sampai pada akhirnya di tahun 2019 berhasil meraih predikat harapan III JDIHN Award.

“Prinsipnya lomba bukan tujuan, tapi berawal dengan penyamaan persepsi untuk membangun Pemalang. Bertitik tolak dari asas manfaat, maka, kami membentuk mindset dan melangkah cepat. Adanya masalah kan bukan lantas didiamkan begitu saja, tapi harus dijawab. Nah, dengan terobosan dan pemanfaatan IT, kami menjawab itu semua melalui aplikasi yang dapat diakses dengan gadget,” ucap Puji.

Selain itu, lanjut Puji, pihaknya juga mengembangkan program E’cor bertugas mengharmonisasi mulai dari peraturan bupati hingga putusan bupati.

“Ketika proses koreksi, dari SKPD yang bersangkutan tidak datang langsung tapi bisa via Email. Artinya, sejauh mana prosesnya bisa dipantau dari manapun via gadget,” imbuhnya.

Ditambahkan juga olehnya, pihaknya juga memiliki program gudang regulasi yang disimpan di cloud dan berisi produk hukum selain perda dan perbub. Juga Buku Regulasi Menjawab yang berisi tentang semua kagiatan yang berkaitan dengan regulasi, sehingga SKPD dalmam mengelola kegiatan sudah terarah. Rencananya, pada 2020 mendatang mau dielektronikan (aplikasi).

“Sesuai visi kami untuk mewujudkan masyarakat kabupaten Pemalang yang sadar hukum. Harapan kami, apa yang sudah kami buat akan lebih dimanfaatkan oleh masyarakat sehingga lebih mempermudah masyarakat dalam melaksanakan kegiatan agar tidak melanggar aturan. Kami juga rutin tiap tahun turun kedesa untuk sosialisasi produk-produk hukum daerah,” tandasnya. *bepe

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.