Digital Media Online

Festival Sarung Goyor, Ribuan Warga Wanarejan Utara Ikuti Pawai

0 62
kreasi ornamen dari sarung goyor berbentuk gunungan

INFOPANTURA.COM – Pemalang – Untuk kali kedua, desa Wanarejan Utara kecamatan Taman kabupaten Pemalang kembali menggelar Festival Sarung Goyor. Ribuan warga desa dengan mengenakan sarung tampak antusias mengikuti pawai yang diadakan oleh panitia pada Minggu (1/9/2019) pagi.

Tak hanya itu, berbagai ornamen hasil kreasi dari warga mulai dari miniatur masjid, nanas madu, barongsai dan kreasi lain berbahan sarung goyor juga ikut memeriahkan agenda pawai tersebut.

Ketua panitia, H. Sultoni, mengungkapkan bahwa, festival sarung goyor kali ini dirangkaikan dengan peringatan HUT RI yang ke 74, peringatan Hari Besar Islam tahun baru 1 Muharram 1441 H, serta kaitanya dengan pelestarian budaya yang ada di desa Wanarejan Utara.

“Dengan adanya festival ini, produk sarung goyor akan lebih dikenal oleh masyarakat luas,” ucapnya.

Ditambahkan olehnya, keuntungan dari menggunakan sarung goyor, jika musim panas akan terasa sejuk dan kalau musim dingin, dipakai akan terasa hangat karena terbuat dari bahan rayon.

“Tidak hanya untuk sarung saja, tetapi, bahan dari sarung goyor sekarang sudah diapaki sebagai bahan membuat baju, celana, dan model lainya. Yang jelas, melalui festival ini, masyarakat pemalang bisa makin mengenal dan memanfaatkan produk yang ada sehingga perekonomian makin meningkat,” imbuhnya.

kreasi ornamen nanas madu

Lebih lanjut, Sultoni menjelaskan bahwa, acara festival yang sudah digelar dua kali ini akan menjadi agenda rutin tahunan. Bahkan direncanakan, untuk festival selanjutnya akan dibuat sensasi MURI sarung goyor terpanjang.

“Mengingat desa Wanarejan Utara adalah sentra produksi sarung goyor, maka sangat perlu diadakan promosi hasil karya warga. Mudah-mudahan, masyarakat makin mengenal produk sarung goyor yang nota bene sudah merambah ke pasar ekspor di daratan arab,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala desa Wanarejan Utara, Mahmud, menyampaikan ucapan terima kasih serta apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh lapisan masyarakat desa Wanarejan Utara atas partisipasinya dalam acara festival sarung goyor 2019.

“Tanpa partisipasi seluruh masyarakat, acara festival sarung goyor tidak akan mungkin akan semeriah ini,” tegas Mahmud.

Kedepan, harap Mahmud, dengan adanya berbagai kegiatan promosi produk, sarung goyor akan lebih dikenal di masyarakat kabupaten Pemalang sebagai produk unggulan berkuakitas ekspor. *bepe

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.