Digital Media Online

Bupati Lakukan Penjamasan Kereta Kencana dan Benda Pusaka Kabupaten Pemalang

0 116
prosesi penjamasan kereta kencana dan benda-benda pusaka kabupaten Pemalang

INFOPANTURA.COM – Pemalang – Penjamasan dilakukan untuk menghormati, menghargai, melestarikan dan meningkatkan pemahaman terhadap masyarakat luas tentang arti pentingnya nilai-nilai luhur sejarah dan budaya bangsa serta relevansinya bagi kehidupan masa kini. Hal itu disampaikan bupati Pemalang Dr. H. Junaedi, SH.MM., dalam sambutannya pada prosesi penjamasan Kereta Kencana dan Benda Pusaka kabupaten Pemalang di garasi rumah dinas bupati, Selasa (24/9/2019).

Bupati mengatakan, dengan dilakukanya kegiatan jamasan, benda pusaka maupun peninggalan bersejarah yang ada akan awet dan tidak akan digerogoti korosi sehingga masih bisa dinikmati oleh generasi selanjutnya.

“Prosesi jamasan kereta kencana dan benda-benda pusaka kabupaten Pemalang, didalamnya juga mengandung nilai-nilai yang dapat dijadikan sebagai acuan dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya nilai kebersamaan, ketelitian, gotong royong dan religius,” kata bupati.

Diuraikanya bahwa, nilai kebersamaan tercermin dari berkumpulnya sebagian besar anggota masyarakat dalam suatu tempat untuk berdoa demi keselamatan bersama. Adapun nilai ketelitian tercermin dari proses upacara itu sendiri.

“Sementara nilai kegotongroyongan dapat tercermin dari keterlibatan berbagai pihak dalam penyelenggaraan upacara, dimana ada sikap saling membantu demi terlaksananya seluruh prosesi acara. Sedangkan nilai religius tercermin dengan doa bersama yang ditujukan kepada Tuhan Yang Maha Esa agar selalu mendapatkan perlindungan dan kesejahteraan dalam menjalani kehidupan,” ungkap bupati.

Terkait hal tersebut, bupati kembali berharap, seluruh stakeholder dijajaran pemerintah, tokoh agama dan masyarakat hendaknya memiliki andil dan peran serta dalam proses pembangunan dan budaya.

“Melalui momentum tahun baru Hijriah, mari kita jadikan sebagai wahana untuk meneguhkan komitmen, bersatu padu memberikan karya dan prestasi terbaik bagi kabupaten Pemalang,” pungkasnya.

Usai acara penjamasan yang dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan dan Kepala Biro Kesra Setda Provinsi Jawa Tengah, wakil bupati, Forkopimda, segenap pimpinan DPRD kabupaten Pemalang, Pj. Sekda, para kepala OPD, TP. PKK kabupaten Pemalang, para tokoh agama dan tokoh masyarakat, bupati berkenan secara simbolis memotong tumpeng serta memberikanya kepada ketua DPRD kabupaten Pemalang, H. M. Agus Sukoco. *bepe

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.