Digital Media Online

13 Desa di Kecamatan Pemalang Ikuti Bintek SiGADES

0 114
Bintek SiGADES di Kecamatan Pemalang

INFOPANTURA.COM – Pemalang – Para Kepala Desa beserta Operator/Admin Siskeudes Desa se Kecamatan Pemalang, Kamis (11/9/2019) mengikuti bimbingan teknis tentang penggunaan aplikasi SiGADES (Sistem Informasi Jaga Desa) di aula pendopo kecamatan Pemalang.

Selain Camat Pemalang, Suhirman, hadir sebagai pemateri dari Kejari Pemalang, Kasi Intel Ressy Rhoneh, dari Dinpermasdes, Bagus Sutopo, dari Diskominfo, Muji Syukur.

Dikatakan Ressy Rhoneh, SiGADES merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Kejaksaan Negeri Pemalang bekerjasama dengan Dinpermades Kabupaten Pemalang yang dilaksanakan menjadi satu instrumen pembinaan dan pengawasan terhadap pemanfaatan dan pendistribusian dana desa.

“Jadi, SiGADES ini sebenarnya aplikasi yang sejalan dengan Siskeudes punya BPKP, kalau Siskeudes indikatornya angka-angka, tapi kalau aplikasi ini lebih pada warna-warna untuk melihat capaian desa,” kata Ressy.

Dijelaskannya, ada 4 warna dalam aplikasi SiGADES yang dapat menunjukan tingkat ketaatan desa dalam memanfaatkan dana desa itu sendiri. antara lain warna merah, kuning, hijau dan hitam.

“Kalau desa tidak menginput indikator, warnanya hitam. Namun kalau yang diupload indikatornya sedikit hanya 1, 2 atau 3, indikatornya akan menunjukan warna merah, kalau hanya 2, naik menjadi orange, dan apabila semuanya maka naik warnanya hijau. Tiga indikator tersebut adalah pengadministrasian, penatausahaan dan pelaporan,” jelas Ressy.

Menurut Ressy, indikator tersebut sama dengan Siskeudes, hanya saja, kalau di Siskeudes dalam bentuk angka-angka tapi kalau SiGADES, dijadikan bentuk warna sehingga mudah untuk dibaca bagi pengawas.

“SiGADES merupakan aplikasi yang baru diuji coba untuk 13 desa di Kecamatan Pemalang. Kami berharap, bersama Dinpermades, sistem tersebut akan menjadi satu instrumen yang dapat dikembangkan untuk 211 desa yang ada di seluruh Kabupaten Pemalang. Pengawasannya sudah sering, tapi kalau menggunakan aplikasi ini baru yang pertama di Kecamatan Pemalang untuk 13 desa,” kata Ressy.

Ressy menandaskan, dengan aplikasi tersebut diharapkan pengawasannya akan lebih efekktif dan efesien, sedangkan dari segi waktu pihaknya tidak harus datang ke masing-masing desa tetapi tinggal melihat saja dari kantor, sementara jika ada desa yang belum taat pihaknya akan datang untuk mengetahui permasalahannya kemudian dilakukan pembinaan agar bisa lebih taat lagi dalam pemanfaatan dana desa.

“Hal itu dilakukan untuk pencegahan,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Pemalang, Suhirman mengatakan, bintek SiGADES diikuti oleh 26 orang dari 13 desa dengan sasaran Kades dan operator atau admin desa. Diidukung oleh pihak Kecamatan, Dinpermades juga Diskominfo Pemalang sebagai narasumber dan user langsung atau inisiatornya Kasi Intel Kejaksaan Negeri Pemalang.

“Meski secara teknis sudah diberi penjelasan tapi karena keterbatasan waktu tentu harus ada penajaman lebih lanjut,” jelas Suherman.

Terpisah, Kasi Pengelolaan Aplikasi pada Bidang Penyelenggaraan E-Government Diskominfo Kabupaten Pemalang, Muji Syukur menjelaskan, SiGADES menjadi aplikasi berbasis web yang mengimplementasikasikan konsep Collaborative Governance, yaitu tata kelola pemerintahan yang kolaboratif sebagai sebuah pendekatan penting dan manfaat untuk mencapai tujuan pemerintahan dan pembangunan secara bersama-sama melalui koordinasi dan kerja sama. *humas

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.