Digital Media Online

TP PKK Pemalang Gelar Lomba Fashion Berbahan Tenun Goyor dan Batik Khas Pemalang

0 61
Lomba Rancang Busana Pesta Goyor Batik “GOTIK” berbahan tenun goyor dan batik khas Pemalang

INFOPANTURA.COM – Pemalang – Puluhan model yang tak lain dan tak bukan adalah istri dari para kepala OPD, para Camat dan pegawai dilingkungan pemkab Pemalang unjuk kebolehan dalam Lomba Rancang Busana di Pendopo kabupaten Pemalang, Sabtu (3/8).

Agenda lomba dengan tema Pesta Goyor Batik “GOTIK” berbahan tenun goyor dan batik khas Pemalang yang diadakan oleh Tim Penggerak PKK kabupaten Pemalang 2019 dihadiri oleh bupati Pemalang Dr. H. Junaedi, SH.MM., wakil bupati, para kepala OPD, para Camat dan tamu undangan.

Bupati dalam sambutanya menyampaikan, tenun goyor merupakan salah satu kerajinan tenun yang dibuat dengan menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM). Agar tenun khas Pemalang lebih dikenal oleh masyarakat Pemalang sendiri dan masyarakat luas, maka kepada masyarakat diberikan kesempatan untuk mengikuti lomba rancang busana berbahan dasar tenun goyor dan batik khas Pemalang.

“Selain sebagai ajang perlombaan, kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan nilai tambah dan nilai jual terhadap tenun goyor dan batik khas Pemalang. Dengan adanya hasil bervariasi, menarik dan bernilai estetika, maka dapat menjadikan tenun goyor dan batik khas Pemalang lebih diminati oleh masyarakat luas,” ungkap bupati.

Selama ini, lanjut bupati, masyarakat lebih mengenal tenun goyor dalam bentuk sarung saja. Oleh karena itu, melalui event ini, masyarakat akan mendapatkan berbagai alternatif desain yang bisa dibuat dengan bahan baku tenun goyor dan batik khas Pemalang, sehingga menambah minat masyarakat untuk membeli kedua produk unggulan Pemalang tersebut.

“Namun, perlu diperhatikan bahwa pola yang baik dan benar diperlukan untuk dapat menghasilkan karya yang indah sekaligus sebagai representasi kemampuan seseorang,” imbuhnya.

Melalui kegiatan ini, bupati berharap, ada beberapa hal yang dapat dicapai, yakni, tergalinya potensi masyarakat kabupaten Pemalang dalam mendesain dan membuat pola rancangan busana pesta berbahan tenun goyor dan batik khas Pemalang. Dengan semakin dikenalnya tenun goyor dan batik khas Pemalang, akan memberikan multy player effect positif bagi pendapatan para pengrajin di kabupaten Pemalang.

“Juga semakin tingginya kecintaan masyarakat kabupaten Pemalang terhadap tenun dan batik khas Pemalang. Serta munculnya potensi desainer lokal yang dapat mendesain dan merancang busana pesta berbahan tenun goyor dan batik khas Pemalang dengan kreasi dan nilai jual tinggi,” pungkas bupati.

Lomba rancang busana menghadirkan dewan juri, ibu Tati Humartono, bapak Oot, dan ibu Fani Pusparani. *benx

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.