Digital Media Online

KKN UNS Di Desa Kedungbungkus Bertemakan “LAKA TARUB”, Dinilai Brilian Oleh PJ. Kepala Desa

0 328
Pj. Kepala Desa Kedungbungkus, Rosikin S.IP, Berfoto Bersama Dengan Mahasiswa UNS Dalam Kegiatan KKN Sabtu (3/8/2019)

INFOPANTURA.COM -KABUPATEN TEGAL. Desa Kedungbungkus, Kecamatan Tarub, Kabupaten Tegal menjadi pilihan Universitas Negeri Solo (UNS) untuk melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun 2019. Kegiatan KKN yang bertemakan “Laka Tarub” ini disambut baik oleh masyarakat dan aparatur pemerintahan desa.

Kegiatan KKN yang mulai dilaksanakan sejak 24 Juli lalu, sudah melaksanakan beberapa kegiatan diantaranya, Gendu Gendu Rasa Tentang Pendidikan Anak, Pelatihan Komputer Bagi Siswa, Lomba – Lomba yang berkaitan dengan edukasi, serta Perpustakaan Keliling (Pusling).

Dalam kegiatan hari ini, Sabtu (3/8/2019), KKN diisi dengan sosialisasi PHBS (Perilaku Hidup bersih dan Sehat), bertempat di balai Desa Kedungbungkus dan diikuti oleh sekitar 30 orang warga masyarakat.

Pj. Kepala Desa Kedungbungkus, Rosikin. S.IP, dalam sambutannya menyatakan terima kasih atas kegiatan-kegiatan mahasiswa UNS, yang dinilai sangat kreatif dan membangun.

“Mahasiswa UNS yang berasal dari berbagai disiplin ilmu, telah memberikan kontribusi positif bagi masyarakat Desa Kedungbungkus. Ada yang berasal dari Fakultas Kedokteran, Teknik, Komputer, Sosiologi, bahkan Agro Teknologi. Tema KKN ini Laka Tarub juga brilian, mengusung pemberdayaan masyarakat berbasis kesehatan, edukasi, pertanian, dan ekonomi kreatif. Diharapkan dengan adanya KKN, sebagai generasi muda para calon-calon sarjana ini pada akhirnya nanti bisa mengabdikan diri pada masyarakat dengan sepenuh hati”, tambah Rosikin.

Muhamad Fida Alfaris, Ketua KKN UNS 2019 menjelaskan bahwa tematik KKN dibagi menjadi dua tipe kegiatan, yakni tematik kemitraan dan tematik berbasis lokasi. “KKN juga menampung aspirasi masyarakat, dan meningkatkan pola pikir masyarakat yang masih tradisional menjadi masyarakat yang berpola pikir modern dan bisa menyesuaikan dengan perkembangan zaman”, tutur mahasiswa jurusan Agro Teknolgi angkatan 2016 ini.

KKN ini masih menyisakan beberapa kegiatan lainnya, yakni yang berkaitan dengan pertanian, Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), serta donor darah yang bekerja sama dengan PMI Kabupaten Tegal. Kegiatan KKN ini akan berlangsung sampai dengan minggu ke-tiga bulan Agsutus.

“Kami merasa bangga, bisa memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat. Kami juga berterima kasih kepada masyarakat, terlebih Kepala Desa, Pak Rosikin, yang telah menyambut kami dengan baik dan memberikan motivasi kepada kami sebagai generasi muda” tutup Mohammad Fida Alfariz.

Lazarus Sandya Wella

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.