Digital Media Online

KKN Tematik IPB , Wujud Nyata Pendampingan Anak di HAN 2019

0 160
Mahasiswa IPB Menjelaskan Cara Membuat Celengan Pada Para Siswa

INFOPANTURA.COM – KABUPATEN TEGAL.  Kuliah Keja Nyata (KKN) Tematik Institut Pertanian Bogor (IPB) yang dilaksanakan di Desa Kajenengan, Kecamatan Bojong hari ini (23/7) berbarengan dengan peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2019. Kegiatan KKN tematik tersebut dilaksanakan di SD. Kajenengan 02, diisi dengan program literasi keuangan untuk anak sekolah dasar dan embuat celengan dari botol beka

Program literasi keuangan merupakan program yang bertujuan untuk memajukan literasi finansial, khususnya bagi peserta didik ditingkat sekolah dasar. Program ini dilaksanakan dengan metode interaktif melalui penayangan video animasi dan juga praktek langsung melalui pembuatan celengan dari botol bekas untuk melatih kreatifitas anak dan juga agar mampu menggugah semangat pembelajaran siswa dikelas terkait pemahaman keuangan. Program literasi keuangan merupakan program yang diketuai oleh Ayu Lestari, mahasiswa Departemen Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB.

 ”Melalui program edukasi interaktif ini, siswa diajak untuk memahami mana yang merupakan kebutuhan dan mana yang merupakan keinginan, selain itu siswa juga diajak untuk mengelola keuangan dengan bijak dengan mulai menabung sejak dini. Harapannya dengan adanya program ini, anak sejak dini akan belajar bagaimana mengelola keuangan dan menggunakan uang secara bijak dan cerdas”, ditambahkan Ayu.

 Selain itu dilakukan juga program pembuatan “Vertical Garden” sederhana di dua sekalah yang ada di Desa Kajenengan yaitu SDN Kajenengan 01 dan SDN Kajenengan 02 yang dilaksanakan pada hari Jumat, 19 Juli 2019 dan Selasa, 23 Juli 2019. Vertical Garden atau Green Wall bisa juga disebut taman dinding merupakan pembuatan tanaman dalam bentuk garis vertical atau tegak berdiri. Program ini dilakukan dengan tujuan untukmemberi wawasan kepada anak anak serta mendorong kreatifitas anak tentang cara bercocok tanam lain yang tidak menggunakan media tanah yang ada di lahan.

Siswa SDN. Kajenengan 02 Membuat Celengan Dari Botol Bekas

 Kegiatan ini dilakukan dengan mengadakan penyuluhan atau pelatihan untuk anak-anak sekolah (TK atau SD) mengenai vertical garden sederhana yang dapat dilakukan dan dibuat secara mudah dengan menggunakan botol bekas dan tali, untuk menghasilkan vertical garden dengan sistem digantung atau diletakkan di rak. Tanaman untuk vertical garden ini dapat berupa tanaman sayuran seperti sawi, bayam, kangkong, seledri, kol, selada ataupun dapat juga menggunakan tanaman sayuran buah seperti cabai, tomat, terong, dan lain-lain. Pemilihan tanamannya sama seperti halnya berkebun, yaitu harus memperhatikan matahari, posisi yang cocok untuk pengairan, angin dan suhu udara. Vertical garden ini dapat berfungsi sebagai penambah estetika ataupun untuk diambil produk panennya.

Mahasiswa Memberikan Penjelasan Soal Literasi Keungan Terhadap Siswa

 ”Harapannya dengan adanya program ini siswa siswi sekolah dasar di Desa Kajenengan dapat memanfaatkan botol bekas untuk tempat penanaman tanaman hias, dan diharapkan juga dapat melatih kreativitas siswa siswi dalam memperindah lingkungan sekolah” dijelaskan oleh Hana Afiyanita mahasiswa Departemen Arsitektur Lanskap, Fakultas Pertanian IPB yang adalah ketua program vertical garden . Kegiatan KKN Tematik IPB hari ini, yang berbarengan dengan peringatan Hari Anak Nasional 2019 diharapkan  bisa memberi kesan mendalam akan pentingnya arti pendampingan terhadap anak. Sesuai dengan tema besar HAN 2019 “Peran Keluarga Dalam Perlindungan Anak” dengan tagline “Kita Anak Indonesia , Kita Gembira”. (Lazarus Sandya Wella)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.