Digital Media Online

Efek biofisik pada tekanan tinggi dan rendah

0 59

BAB 1

Latar belakang masalah

Jantung merupakan salah satu organ yang sangat vital di dalam tubuh manusia. Karena itu banyak orang yang berusaha untuk selalu menjaga kesehatan jantung. Akan tetapi nampaknya masih banyak orang yang kurang peduli. Terbukti dari banyaknya korban jiwa akibat penyakit-penyakit yang menyerang jantungnya.

Denyut nadi dan tekanan darah merupakan factor-faktor yang dipakai sebagai indikator untuk menilai kardiovaskuler seseorang. Selain itu dapat juga dilakukan dengan pengukuran kolesterol dalam darah yakni dengan mengukur kolesterol jahat terhadap HDL / kolekterol baik serta tes Doppler.

BAB 2

Rumusan masalah

Alat apa yang digunakan untuk mengukur tekanan darah?

Bagaimana cara menjaga kesehatan jantung?

Tujuan penelitian

Menjelaskan hubungan antara kedua tekanan, beda tekanan dan denyut jantung

Mengetahui beberapa contoh penerapan dari efek biofisik dari tekanan tinggi dan tekanan rendah

Dapat mengetahui cara menjaga kesehatan jantung

BAB 2

Pembahasan

Dalam pemeriksaan ini tentu menggunakan alat khusus seperti computer yang canggih untuk mengukur hasil secara akurat tekanan darah atau volume darah, yang mengalir ke seluruh tubuh (sirkulasi) termasuk anggota badan dari leher sampai tungkai kaki.

Frekuensi jantung seseorang digambarkan dengan denyut nadi yang pemeriksaannya menggunakan palpasi. Apa itu palpasi ? palpasi adalah sebuah tenting visual seperti meraba, menyentuh atau merasakan dengan ujung jari. Adapun auskultasi yaitu mendengarkan suara-suara yang ada suara yang alami yang terdapat / diproduksi dalam tubuh.

Didalam tubuh untuk mengukur denyut nadi ada titik-titik tertentu, sebanyak 9 titik yaitu arteri radialis, arteri brakhialis, arteri carotis communis, arteri femoralis, arteri dorsalis pedis, arteri popolitea, arteri temporalis, arteri apical, arteri tibialisposterior, arteri apical.

Tekanan darah merupakan gaya utama yang mendorong darah ke sel atau jaringan. Dalam proses ini tidak boleh sembarang karena 2 alasan yakni jika dalam memompa tekanan harus cukup tinggi agar gaya dorong maksimal sehingga organ otak atau menerima darah yang cukup kuat.

Kedua, tekanan tidak boleh terlalu tinggi. Karena jika terlalu tinggi akan menjadi beban bagi jantung dalam bekerja dan mengakibatkan kerusakan pembuluh darah dan lebih parahnya lagi bisa mengakibatkan pecahnya pembuluh-pembuluh halus.

Aktivitas dan usia seseorag merupakan salah satu hal yang mempengaruhi denyut jantung. Selain itu aktifitas fisik, dimana saat melakukan aktfitas seperti lari atau berolahraga aktivitas tekanan daraha akan lebih tinggi dan jika berisitirahat tekanan darah lebih rendah. Bayi dan anak-anak secara normal memiliki tekanan yang jauh lebih rendah daripada dewasa. Pada aktivitas yang berlebihan, akan meningkatkan jumlah denyut jantung dan sangat berbahaya.

Jantung merupakan organ vital sebagai pertahananan terakhir untuk hidup. Denyut yang ada pada jantung tidak bisa dikendalikan oleh manusia. Dan biasanya denyut jantung terggantung pada jumlah waktu yang dibutuhkan oleh detak jantung persatuan waktu. normalnya denyut jantung setiap individu berbeda tergantung pada waktu saat mengukur, sedang beraktifitas atau berolahraga atau sedang beristirahat. Untuk mengukur denyut nadi semua orang bisa melakukannya dengan mudah hanya dengan menggunakan bantuan jari telunjuk dan jari tengah yang ditempatkan pada pergelangan tangan atau tiga jari pada samping sisi leher. Hitung dengan melihat detik jam selama 15 detik lalu hasil yang dihitung dikalikan 4 dan didapatkan jumlah denyut jantung permenit.

Proses tekanan pada arteri terjadi ketika jantung berkontraksi, darah akan terdorong melalui ateri menuju ke seluruh tubuh. disebut juga dengan tekanan darah sistolik. Contoh: orang yang memilikki tekanan darah berada dibawah 120. Jika 120-139 maka tekanan mengalami prehipertensi. Atau tekanan darah tinggi yang berisiko terkena penyakit jantung. Adapun diastolic yaitu jumlah angka bawah yang menunjukkan tekanan dalam arteri saat jantung beristirahat. Tekanan dikatakan normal jika kurang dari 80. Jika lebih berarti tekanan darah rendah.

Cara menjaga kesehatan jantung

Ada penyakit ada obatnya. Banyak cara mudah untuk menjaga kesehatan jantung seperti menghindari stres karena dapat memicu hormon adrenalin abnormal dan menyebabkan darah tinggi.

Menjaga kebersihan diri dan lingkungan

Mengatur pola makan seperti tidak sering mengkonsumsi junkfood, mengurangi makanan berlemak, perbanyak makanan sayur sayuran dan buah dan yang terpenting adalah rajin berolahraga secara teratur.

Contoh tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari :

Pengangkutan air pada tumbuhan.

Untuk menangkut air dari akar ke seluruh tubuh tumbuhan atau ke tempat yang lebih tinggi menggunakan gaya yang dipengaruhi oleh adhesi dan kohesi. Dimana diantaranya akan membuat suatu ikatan antar molekul. naiknya air ke daun disebabkan oleh penggunaan daya isap daun. Selain itu air juga mengalami penguapan sehingga membuat air naik ke daun.

Pengangkutan nutrisi pada tumbuhan.

Dalam pengangkutannya daari daun menuju bagian lain tubuh tumbuhan yang memiliki konsentrasi ggula rendah dengan dibantu oleh sirkulasi air yang mengalir melalui pembuluh xylem dan floem.

Tekanan darah pada sistemm peredaran darah manusia

Pada saat jantung memompa darah, darah akan mendapatkan dorongan sehingga mengalir memalui pembuluh darah. Saat mengalir dalam pembuluh darah, darah memberikan dorongan pada dinding pembuluh darah yang disebut dengan tekanan darah

Tekanan gas pada proses pernapasan manusia

Pada proses pernapasan manusian, pertukaran antara oksigen (O2) dan (Co2) terjadi di alveolus melalui difusi. Difusi adalah proses perpindahan zat terlarut dari daerah yang memiliki konsentrasi dan tekanan parsial tinggi ke daerah yang memiliki konsentrasi dan tekanan parsial rendah.

BAB 3

Penutup

Aliran darah dapat diukur dengan tensimeter digital

Jika tekanan darah berada diatas 120 pertanda darah tinggi (sistolik)

Jika tekanan darah kurang dari 90 pertanda darah rendah atau (diastolic)

Atau tekanan diastolic adalah tekanan darah pada saat terjadi kontraksi otot jantung, sedangkan tekanan darah diiastolik adalah tekanan darah pada saat jantung tidak sedang berkontraksi atau beristirahat.

Menjaga kesehatan jantung itu sangat penting.

DISUSUN OLEH :
NAMA : ROIS SURIYAH
NIM : 1801050013
PRODI : BIOTEKNOLOGI

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.