Digital Media Online

Dilanda Kekeringan, Petani di Kecamatan Suradadi Rogoh Kocek Rp.25.000 perhari

0 118

INFOPANTURA.COM-KAB.TEGAL-Berdasarkan rilis badan Meteorologi , Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk pantauan Hari Tanpa Hujan (HTH), kondisi di Tegal dan wilayah jawa lainnya ditandai dengan warna merah, karena dalam beberapa bulan terakhir intesitas hujan tergolong minim.

Hal ini berakibat langsung pada suplai air untuk irigasi pertanian, terutama diwilayah 5 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tegal, salah satunya di Kecamatan Suradadi, tepatnya di Desa Sigentong. Sudah beberapa minggu ini petani mulai mengalami kekeringan di areal pertanian mereka, sehingga harus menggunakan mesin pompa air untuk  memindahkan air sungai  Sigentong ke saluran irigasi pertanian mereka.

Sungai Sigentong yang letaknya berada diseberang jalan area pertanian mereka, mengharuskan petani harus membuat saluran khusus  dibawah tanah berdiameter 30 sentimeter, untuk  dilintasi pipa penyedot air. Petani harus menggunakan tenaga pengebor tanah, dengan biaya  mencapai  3 juta rupiah. Belum lagi pengeluaran untuk membeli bahan bakar untuk mesin pompa tersebut.

“Setiap dua hari sekali, kami harus merogoh kocek lebih untuk membeli bahan bakar. Dalam semalam pompa sedot membutuhkan 6 liter bensin jenis pertalite. Itu pun kami irit-irit dengan menyetel tenaga pompa dengan daya sedot yang kecil, kalau besar pasti akan menghabiskan bensin lebih banyak lagi”, dijelaskan Muhidin, salah seorang petani dari Desa Sigentong. Ditambahkan Muhidin, kondisi ini masih lebih baik dibandingkan dengan Desa Harjasari. Desa yang berjarak sekitar 3 kilometer dari Desa Sigentong itu, telah mengalami kekeringan yang cukup parah beberapa minggu terakhir.

Kemarau sudah merupakan siklus tahunan yang tidak bisa dihindari, tapi dengan kesadaran dan peran serta kita semua untuk menjaga kelestarian alam, pastinya berdampak besar pada kelestarian alam, ketersediaan air tanah serta ketahanan pangan. (Lazarus Sandy)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.