Digital Media Online

Aplikasi SIKS-NG : Penerima BANSOS Baru Dimungkinkan, Penerima Yang Tidak Tepat Sasaran Bisa Dicoret

0 273
Salah Satu Rumah Penerima Bansos PKH Di Kecamatan Tarub Sudah Dilakukan Pengecatan/Labeling

INFOPANTURA.COM – KABUPATEN TEGAL, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tegal melalui Dinas Sosial (Dinsos) menerapkan aplikasi SIKS-NG (Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation). Hal ini dilakukan agar data kemiskinan bisa terverifikasi dengan valid. Sehingga secara otomatis, penanganan kemiskinan pun bisa dilakukan dengan maksimal.

Terkait aplikasi SIKS-NG, Koordinator PKH Kabupaten Tegal, Ma’muri menjelaskan, peran aparatur desa sangat diharapkan menjadi ujung tombak efektifitas aplikasi tersebut. Aplikasi SIKS-NG menjawab keluhan masyarakat terhadap penerimaan bantuan yang tidak tepat sasaran. Selain itu bagi masyarakat yang merasa kurang mampu juga bisa mengajukan permohonan bantuan ke Kantor Desa setempat, untuk dilakukan pendataan melalui sistem aplikasi ini.

“Masyarakat yang ingin mengajukan penerimaan bantuan, bisa membuat Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari RT, RW kemudian diajukan kepada Kepala Desa. Nanti diputuskan dalam Musyawarah Desa (Musdes)” dijelaskan oleh Ma’muri.

Mekanisme Musdes dianggap akomodatif, karena terdiri dari unsur Aparatur Desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan ketua lingkungan. Sehingga keputusan untuk pengajuan penerima baru, ataupun penerima yang dianggap sudah mampu adalah aspirasi dari masyarakat itu sendiri.

“Setelah ada berita acara hasil Musdes, Operator Desa akan menginput data calon penerima dan calon penerima yang akan dihapus melalui aplikasi SIKS-NG. Tahapan selanjutnya adalah verifikasi faktual, baru pengajuan ke kementrian per enam bulan” tambah Hilda Khoirunnisa, Supervisor PKH Kabupaten Tegal.

Diharapkan, aplikasi ini dapat efektif diterapkan diseluruh desa di wilayah Kabupaten Tegal. Berdasarkan data yang dihimpun, beberapa kecamatan belum mengutus perwakilannya untuk pelatihan menyoal penggunaan aplikasi SIKS-NG ini.

Lazarus Sandya Wella

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.