Digital Media Online

Di Pemalang, PKL Nakal Bisa Kena Pidana

0 16
para pedagang kaki lima (PKL) nakal yang masih mangkal dibawah gapura masuk timur

INFOPANTURA.COM – Pemalang – Nakalnya para pedagang kaki lima (PKL) yang membuka lapak di area yang bukan peruntukanya kian terlihat menjamur, bahkan tak jarang mereka kembali mangkal dan tidak jera meski telah ditindak. Untuk itu, Komandan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) kabupaten Pemalang Drs. Wahyu Sukarno Adiprayitno M.Si. menyatakan, pihaknya bertekad untuk terus melakukan penertiban pedagang kaki lima (PKL) di wilayah kabupaten Pemalang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Kami akan terus melakukan sosialisasi, edukasi dan pembinaan kepada masyarakat khususnya para pedagang kaki lima. Dan juga akan terus melakukan penertiban bagi mereka yang melanggar ketentuan yang berlaku,” kata Wahyu via ponselnya, Selasa (11/6).

Terkait PKL yang masih mangkal di area bawah gapura timur tepatnya sebelah barat rumah sakit Siaga Medika, Kasatpol PP Drs. Wahyu Sukarno Adiprayitno M.Si. melalui Kabid Tribumtranmas Drs. Beni Sosiawan juga menyampaikan, pihaknya sudah melakukan upaya sesuai SOP berupa pembinaan, surat teguran bahkan sudah dikenakan tindak pidana ringan (tipiring).

“Kami bekerja sesuai dengan prosedur serta aturan yang berlaku, dan akan terus seperti itu. Kan sudah jelas bahwa salah satu ketentuan di dalam aturan adalah larangan berjualan di tempat-tempat tertentu agar tidak menganggu ketertiban,” terangnya.

Dijelaskan olehnya bahwa, nantinya para PKL akan direlokasikan ke dalam kios yang ada di Gandulan Culinary Centre (GCC) dan untuk keperluan tersebut, pihaknya sudah berkoordinasi dengan intansi terkait dalam hal ini Disperindagkop.

“Kami sudah berkoordinasi dengan intansi terkait untuk mengalokasikan tempat (kios) di GCC dan kami masih menunggu kesiapannya,” ungkapnya.

Selain harapan kedepan Pemalang bisa lebih kondusif, ia juga meminta partisipasi masyarakat khususnya para pedagang kaki lima (PKL) untuk patuh pada aturan yang ada dan turut bersama-sama menjaga ketertiban serta kebersihan kabupaten Pemalang.

“Kepada para pedagang kaki lima, kami meminta agar tidak membuka lapak ditempat-tempat yang dilarang untuk berjualan sesuai aturan yang berlaku. Mari bersama ciptakan ketertiban, keindahan dan kenyamanan di kabupaten Pemalang,” pungkasnya. *benx

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.