Digital Media Online

Cegah Radikalisme, FPK Gelar Penghayatan Ideologi Pancasila

0 2

INFOPANTURA.COM-BREBES- Guna mencegah berkembangnya paham radikalisme di lingkungan masyarakat Forum Pembauran Kebangsaan Kabupaten Brebes menggelar kegiatan Penghayatan Ideologi Pancasila bagi Elemen Masyarakat. Kegiatan yang digelar dengan tema “Bersama Menjaga Kerukunan Umat Guna Mewujudkan Kondusifitas Wilayah dan Mencegah Radikalisme” digelar Aula Kelurahan Brebes bekerja sama dengan Dewan Masjid Indonesia setempat Kamis (27/06/2019).

Plt. Ka Kesbangpol Kab. Brebes, KH. Athoilah menyampaikan


Dalam sambutannya, Plt. Ka Kesbangpol Kab. Brebes, KH. Athoilah menyampaikan Pancasila merupakan sebuah rumusan yang merujuk pada norma-norma sosial yang hidup di masyarakat Indonesia. Selain itu, tiap sila dalam Pancasila juga terkandung nilai-nilai keagamaan, dalam hal ini Islam, sebagaimana tertuang dalam Alquran. 


“Oleh karena itu, jika mengatakan bahwa Pancasila bertentangan dengan Islam adalah tidak tepat,”katanya.


Athoillah berharap dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan tokoh agama dan masyarakat dapat menghayati ideologi Pancasila dan melawan radikalisme. Kebhinnekaan Indonesia, harus diterima dan dimaknai sebagai rahmat dari Tuhan.
“Karenanya, mari bersama menjaga kerukunan umat dan mencegah paham radikalisme terutama di wilayah Kabupaten Brebes,”ujarnya.


Ustad Akrom Daosat menyampaikan tidak ada ajaran dan agama manapun yang membenarkan kekerasan. “Salah satu yang membuat paham radikalisme agama makin subur adalah kurangnya rasa toleransi antar umat,” ujarnya. (Agung)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.