Digital Media Online

Pemilu 2019, Pemkab Pemalang Siagakan 10.639 Personel Linmas

0 48
Kasat Pol PP kabupaten Pemalang Drs. Wahyu Soekarno Adiprayitno, MAP.

INFOPANTURA.COM – Pemalang – Terkait dengan persiapan pengerahan personel Linmas jelang Pemilu serentak, Sat Pol PP kabupaten Pemalang telah berkoordinasi dengan berbagai pihak termasuk dengan KPUD Pemalang. Sebanyak 10.639 petugas Linmas (Perlindungan masyarakat) akan ditugaskan untuk mengamankan 4.681 TPS di hari H pelaksanaan pencoblosan pada 17 April 2019 mendatang. Hal itu diungkapkan oleh Kasat Pol PP kabupaten Pemalang Drs. Wahyu Soekarno Adiprayitno, MAP. diruang kerjanya, Rabu (13/3/2019).

Kasat Pol PP menuturkan, mereka akan disebar secara merata di TPS yang ada di seluruh wilayah kabupaten Pemalang demi menjaga kelancaran dan ketertiban pada hari pencoblosan nantinya.

“Untuk penjagaan di masing-masing TPS kita akan tempatkan 2 orang petugas. Linmas tersebut nantinya akan bertugas untuk menjaga kondusifitas TPS selama pencoblosan, termasuk juga mengawal distribusi kotak dan surat suara,” ungkap Wahyu.

Menurut Wahyu, tugas anggota Linmas itu nantinya mulai dari membantu TNI dan Polri dalam mendistribusikan kotak dan surat suara, menjaga kondusifitas lokasi TPS, dan memfasilitasi masyarakat apabila mengalami permasalahan selama di TPS.

“Misalnya pertolongan kesehatan dan antrean pemilih,” kata Wahyu.

Tidak hanya di TPS saja, lanjut Wahyu, untuk membantu rangkaian kegiatan pengamanan Pemilu 2019, Linmas juga akan disiagakan di masing-masing desa/kelurahan, kecamatan dan kabupaten.

“Sebanyak 4 personel Linmas akan disiagakan di masing-masing desa/kelurahan, dan 6 personel Linmas di masing-masing kecamatan. Sementara untuk tingkat kabupaten akan disiagakan sebanyak 35 personel Linmas inti,” papar Wahyu.

Dijelaskan Wahyu, persiapan saat ini sedang menginventarisir nama-nama petugas Linmas melalui lurah/kades dan camat.

“Ditargetkan pada akhir Maret ini proses inventarisir daftar nama-nama petugas Linmas sudah selesai. Nantinya, dari daftar nama-nama tersebut akan diserahkan oleh bupati kepada KPUD melalui Kasat Pol PP Serta penyerahan secara resmi oleh bupati kepada Kapolres dalam agenda upacara Bawah Kendali Operasi (BKO) sesuai rencana,” jelas Wahyu.

Wahyu pun menjamin, seluruh anggota Linmas selalu menjujung asas profesionalitas dan netralitas.

“Anggota Linmas adalah bagian dari masyarakat yang kami berikan tugas untuk menjaga ketertiban dan kondusivitas di TPS. Seluruh anggota Linmas juga dibekali dengan kemampuan yang baik untuk ikut serta menyukseskan Pemilu 2019, jadi profesionalitas dan netralitas Linmas tidak perlu diragukan,” ujar Wahyu.

Harapan Wahyu, Pemilu 2019 (pilpres dan pileg) dapat berjalan lancar, aman dan tertib.

“Linmas dapat bertugas dengan sepenuh hati karna Limas adalah pengabdian. Bekerja secara maksimal, mencurahkan segenap tenaga dan waktu secara ikhlas selama menjalankan tugas,” pungkas Wahyu. *benx

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.