Digital Media Online

Kegiatan Praktek Lapangan III, Bupati Pemalang Terima 782 Nindya Praja IPDN

0 14
Bupati Pemalang H. Junaedi, SH.MM. dalam agenda Penerimaan Kegiatan Praktek Lapangan III (PL III) Satuan Nindya Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

INFOPANTURA.COM – Pemalang – Sejumlah 782 Nindya Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) diterima kedatanganya oleh Bupati Pemalang H. Junaedi, SH.MM. dalam agenda Penerimaan Kegiatan Praktek Lapangan III (PL III) Satuan Nindya Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri di Pendopo kabupaten Pemalang pada Kamis (28/3/2019).

Selain Wakil Rektor bidang Akademik IPDN Dr. Detty Mulyati, SH., CN., MH. beserta rombongan Nindya Praja IPDN, hadir dalam agenda tersebut, Sekda kabupaten Pemalang, para OPD, para Camat, para Kades/Kalur dan tamu undangan.

Selain ucapan selamat datang, Bupati dalam sambutanya menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya karena di tahun 2019 ini kabupaten Pemalang kembali dipilih sebagai tempat praktek bagi Praja IPDN. Menurutnya, hal itu merupakan wujud kepercayaan dari civitas akademika IPDN.

“Semoga dengan adanya kepercayaan ini, jalinan sinergitas antara Pemkab Pemalang dengan IPDN akan semakin dapat memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat,” ungkap bupati.

Dikatakan bupati, dengan luas wilayah 1.115.30 kilometer persegi dan jumlah penduduk mencapai 1.3 juta jiwa, kabupaten Pemalang terbagi dalam 14 kecamatan yang terdiri dari 11 kelurahan dan 211 desa berbatasan langsung dengan kabupaten Tegal disebelah barat, laut Jawa disebelah utara, kabupaten Pekalongan disebelah timur, serta kabupaten Purbalingga dan kabupaten Banyumas disebelah selatan.

“Kabupaten Pemalang terletak pada posisi yang sangat strategis karena berada di jalur transportasi pantai laut utara pulau Jawa (pantura) yang merupakan urat nadi jalur transportasi di tanah air,” terang bupati.

Bupati juga menjelaskan bahwa, kabupaten Pemalang mempunyai program unggulan yakni Pusat Pemberdayaan Informatika Perdesaan (Puspindes) dimana seluruh desa saat ini sudah mampu memanfaatkan teknologi informasi dalam penyelenggaraan pemerintahan di desa yang juga didukung dengan Sistem Informasi Desa dan Kawasan (Sidekem).

“Selain itu, kabupaten Pemalang saat ini sedang gencar memberikan fasilitasi terhadap pemberdayaan masyarakat desa melalui pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUM Des) dengan jenis usaha yang bervariasi. Hal ini tentu dapat menjadi referensi bagi Kepala Satuan Latihan dan para pembimbing teknis yang akan memetakan penempatan satuan Nindya Praja IPDN di Pemalang,” jelas bupati.

Bupati berharap, penempatan para Praja nanti dapat sesuai dengan kebutuhan pengaplikasian ilmu dan keterampilan yang dimiliki oleh praja IPDN.

“Dengan praktek lapangan ini, penempatan para praja IPDN di kabupaten Pemalang diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam membantu proses pemberdayaan di masyarakat melalui motivasi dan semangat inovasi serta kreativitas kepada masyarakat,” tegasnya. *benx

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.