Digital Media Online

Ciptakan Pemilu Damai, Takmir Masjid Dibekali Wasbang dan Nasionalisme

0
Sejumlah Takmir masjid mengikuti kegiatan wawasan kebangsaan

 

INFOPANTURA-BREBES – Sejumlah takmir masjid se-Kecamatan Brebes mengikuti kegiatan pembekalan wawasan Kebangsaan (Wasbang) dan Nasionalisme. Kegiatan itu digelar untuk meningkatkan ukhuwah dan menciptakan Pemilu damai 2019.

Ketua Panitia Agus Isman, Msi dalam laporannya mengatakan maksud dan tujuan kegiatan itu yakni untuk meningkatkan kesadaran masyarakat. Sehingga mereka menyadari dirinya warga NKRI yang mememiliki UUD 1945 dan Pancasila.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman akan hak dan kewajiban serta mempunyai rasa tanggung jawab dan rasa bangga dan cinta tanah air serta rela berkorban demi kepentingan negara dan bangsa,”katanya.

Menurut Agus, kegiatan pemantapan wawasan kebangsaan dan nasionalisme dengan tema ‘Sinergitas Takmir Masjid dalam rangka Meningkatkan Ukhuwah Islamiyah, Ukhuwah Basyariah dan Ukhuwah Wathoniah untuk menciptakan Pemilu yang Aman dan Damai’. Kegiatan dikuti sekitar 60 orang dari para Takmir Masjid seKec Brebes yang bertempat di Gedung Aula Kemenag.

Bupati Brebes, Idza Priyanti dalam sambutannya yang dibacakan Komar, SE mengatakan semuanya harus berkomitmen wilayah kab brebes harus aman dan kondusif. Pada 17 April 2019 nanti, akan digelar pesta rakyat yakni Pemilihan Legislatif DPR RI, DPD. DPRD prov dan Kabupaten serta Pilpres dan Wapres RI.

“Untuk itu mari kita menjaga kondusifitas wilayah, karena keamanan wilayah tidak hanya mengandalkan Pemerintah, TNI/Polri tapi tanpa peran dari masyarakat. Terutama para Takmir Masjid sebagai garda terdepan untuk meresam menghindari Konflik-konflik kecil, sehingga pelaksanaan pemilu 2019 dapat berjalan kondusif,”katanya.

Menurut Idza, masyarakat harus jeli dalam memilih calon pemimpin. Nanti ada 5 kartu suara sehingga masyarakat dapat mengerti dan paham dalam pelaksanaan pemilu nanti karena banyaknya parpol ada 14 parpol peserta pemilu. Pegawai ASN, TNI , Polri tidak boleh memilih.

“Diharapkan pada pemilu 2019 nanti tingkat partisipasi dari masyarakat lebih meningkat dengan peran para bapak-ibu dengan ikut aktif berbagai sosialisasi dari penyelenggra pemilu di Kab Brebes,”pungkasnya.

Sementara itu dalam kesempatan itu dihadirkan nara sumber diantaranya Ka. Kesbangpol, Bawaslu dan Kemenag. Sedangkan materi yang disampaikan yakni Masjid sebagi pusat pembinaan kebangsaan, Tauziyah Pemilu Barokah dan Wawasan Kebangsaan dalam memperkokoh persatuan dan Kesatuan Bangsa.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.