Digital Media Online

Bupati Pemalang Pimpin Upacara Sumpah Pemuda di Alun-alun

0
Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda di Alun-alun Pemalang

INFOPANTURA.COM – Pemalang – Kita berhutang budi kepada para tokoh pemuda tahun 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda, sehingga menjadi pelopor pemuda untuk membangun kesadaran kebangsaan Indonesia sekaligus komitmen menjaga persatuan dan kesatuan negeri ini. Komitmen kebangsaan mereka harus kita teladani untuk membangun bangsa, satukan Indonesia. Demikian disampaikan Bupati Pemalang, H. Junaedi, SH.MM. ketika membacakan sambutan Menteri Pemuda Dan Olahraga Republik Indonesia, Imam Nahrawi dalam Upacara Hari Sumpah Pemuda Ke-90 Tahun 2018 di Alun-alun Pemalang, Jum’at (26/10).

 

Dalam teks sambutan Menteri, Bupati mengatakan, “Bangun Pemuda, Satukan Indonesia” merupakan tema Hari Sumpah Pemuda Ke-90 yang atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggungjawab, berdaya saing serta memiliki jiwa kepemimpinan kewirausahaan, kepeloporan dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Disampaikan olehnya, Revolusi Mental yang dicanangkan oleh Presiden Ir. Joko Widodo amat relevan dalam mewujudkan pemuda yang maju. Dia juga menjelaskan bahwa pemuda yang maju adalah pemuda yang berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing. Karena itu, revolusi mental harus dapat kita jadikan sebagai pemicu untuk mempercepat terwujudnya pemuda yang maju. Dengan mewujudkan pemuda yang maju berarti kita dapat menghasilkan bangsa yang hebat.

 

Dalam upacara tersebut juga dibacakan Teks Keputusan Kongres Pemuda Tahun 1928 oleh salah’seorang pemuda yang kemudian ditirukan oleh kelompok Bhinneka Tunggal Eka yang secara simbolis mewakili masing-masing provinsi dan seluruhnya mengenakan pakaian adat dengan formasi saling berhadapan mengelilingi pembaca Teks Keputusan Kongres tersebut.

 

Selain dihadiri, Forkopimda Kabupaten Pemalang dan para Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pemalang, TP PKK dan Dharma Wanita Persatuan, upacara Hari Sumpah Pemuda tahun ini juga diikuti oleh beberapa kesatuan antara lain, Korsik Pemda Pemalang, Kodim 0711/Pemalang, TNI AL dan AU, Polres Pemalang, PNS SKPD, KNPI, Karang Taruna, Pemuda Panca Marga, Pemuda Pancasila, FKPPI, GP.Ansor, IPNU/IPPNU, IPM, KONI, SH Teratai, Lindu Aji, Purna Paskibraka Indonesia, Para mahasiswa dari STIT, Pemalang, STIE Assoleh, Akbid Bhakti Pertiwi, OSIS SMA, PMR, PKS dan Pramuka penegak serta group paduan suara SMA Negeri 1 Pemalang. *ay(benx)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.