Digital Media Online

Kontroversi Buku Mapel IPS SD, Bupati Pemalang Gelar Sidak

0 71
Didampingi Kadisdik H. Arifin, ST., Kabid Pembinaan Dikdas Mualip, S.Pd. menunjukan kepada bupati Pemalang H. Junaedi, SH.MM. buku mapel IPS yang menjadi kontroversi dalam agenda sidak di beberapa sekolah dasar

INFOPANTURA.COM – Pemalang – Meski sudah memerintahkan penarikan dengan surat edaran melalui Dinas Pendidikan, namun kontroversi buku mata pelajaran IPS kelas 6 sekolah dasar terbitan Yudistira yang menyebut Yerusalem sebagai ibukota Israel tetap membuat bupati Pemalang H. Junaedi, SH.MM. langsung menggelar sidak ke SDN 02 Kebondalem dan SD IT Bojongbata, Senin (18/12) pagi.

 

“Sidak ini dilakukan untuk menindak lanjuti adanya temuan buku mata pelajaran IPS kelas 6 yang menjadi kontroversi, yaitu soal Yerusalem sebagai ibukota Israel,” ucap bupati disela-sela sidak di SDN 02 Kebondalem.

 

Dari pantauan dilapangan, dalam sidak yang dilakukan di SDN 02 Kebondalem tidak ditemukan buku yang dimaksud. Hanya saja, semua buku panduan dari semua terbitan tetap diperiksa. Dari SDN 02 Kebondalem, Bupati didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan H. Arifin, ST. dan Kabid Pembinaan Dikdas Mualip, S.Pd. beserta rombongan melanjutkan agenda sidak ke SD IT Bojongbata.

 

“Seperti yang kita ketahui bersama bahwa dalam rangka menimba ilmu harus dengan panduan yang jelas, termasuk dari standar baik isi, proses maupun penilaian. Oleh karena itu, sesuai instruksi kementrian, kita di daerah juga wajib melaksanakan penarikan demi kebaikan anak didik,” ungkap bupati sesaat setelah agenda sidak di SD IT Bojongbata.

 

Sementara itu, Kadisdik Pemalang melalui Kabid Pembinaan Dikdas Mualip, S.Pd. menyampaikan bahwa pihaknya akan terus berkoordinasi dan melakukan penarikan di seluruh sekolah se Kabupaten Pemalang yang menggunakan buku terbitan Yudistira.

 

“Dalam buku tersebut jelas tertulis Ibukota Israel adalah Yerusalem. Dan kami akan terus melakukan kordinasi untuk menarik peredaran buku tersebut diseluruh sekolah dasar di wilayah kabupaten Pemalang,” tegasnya. (benx)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.