Digital Media Online

HAS 2017 Pemalang, Seluruh Peserta Jalani Tes HIV/AIDS

0 78
peserta jalani tes HIV/AIDS pada Peringatan HAS 2017 Pemalang

INFOPANTURA.COM – Pemalang – Pencanangan Fast Track 90-90-90 atau strategi akselerasi Temukan, Obati dan Pertahankan (TOP) oleh pemerintah untuk mencapai target tahun 2030 meliputi, 90% dari orang yang hidup dengan HIV (ODHA) mengetahui status HIV mereka melalui tes atau deteksi dini, 90% dari ODHA yang mengetahui status HIV untuk memulai pengobatan Antiretroviral (ARV), dan 90% ODHA yang dalam pengobatan ARV telah berhasil menekan jumlah virusnya sehingga mengurangi kemungkinan penularan HIV serta tidak ada lagi stigma dan diskriminasi ODHA. Pada peringatan Hari AIDS Sedunia (HAS) 2017 yang digelar di area sirkuit objek wisata pantai Widuri Pemalang, Senin (11/12), satu persatu dari seluruh tamu undangan yang hadir ikut jalani tes HIV/AIDS.

 

“Tes HIV/AIDS ini dilakukan sebagai contoh kepada masyarakat agar masyarakat juga mau melakukan tes untuk melakukan deteksi dini terkait virus tersebut,” ujar Sekretaris KPA (Komisi Penanggulangan AIDS) Pemalang, Warnoto dalam sambutanya.

 

Melalui peringatan HAS 2017 di Pemalang dengan tema “Saya Berani, Saya Sehat”, Warnoto mengajak kepada seluruh masyarakat untuk bisa melakukan tes HIV/AIDS.

 

“Tes HIV/AIDS itu tidak sakit, hanya diambil darahnya seperti cek golongan darah saja. Dan untuk melakukan tes tersebut masyarakat bisa mendatangi seluruh Puskesmas yang ada di Pemalang tanpa ada biaya alias gratis,” kata Warnoto.

 

Warnoto berpesan, agar tidak terinveksi HIV/AIDS, masyarakat harus menjalani hidup sehat, jangan lakukan seks bebas atau seks tidak aman serta hal lainnya yang bisa menyebabkan tertular virus HIV/AIDS. Dia juga menghimbau agar tidak menjauhi ODHA, karena mereka butuh support dan perlu diketahui bahwa penularan virus HIV/AIDS tidak semudah seperti apa yang dibayangkan.

 

“Penyakitnya harus kita jauhi, tetapi orangnya jangan,” ucap Warnoto.

 

Dihadiri oleh Kelompok Dukungan Sebaya (KDS) dari beberapa Desa/Kelurahan, acara HAS 2017 yang diselenggarakan oleh KPA Pemalang bekerjasama dengan Dinsos dan Dinkes juga dimeriahkan penampilan drama parodi oleh para waria. (benx)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.