Digital Media Online

Sosialisasi Pengolahan Sampah, DLH Pemalang Gandeng RPK Jateng

0 63
pelatihan ecobricks oleh DLH Pemalang dan RPK Jateng bersama ibu-ibu PKK dan Karang Taruna desa Nyalembeng, Pulosari, Pemalang

INFOPANTURA.COM – Pemalang – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kabupaten Pemalang menggandeng Relawan Peduli Kemanusiaan (RPK) Jawa Tengah dalam sosialisasi pengelolaan sampah yang digelar bersama ibu-ibu PKK dan Karang Taruna desa Nyalembeng, kecamatan Pulosari, kabupaten Pemalang, Rabu (15/11/2017) di balai desa Nyalembeng.

 

Kasi pengelolaan sampah dan LB3 dinas lingkungan hidup Pemalang Slamet Sugisto dalam sambutanya menyampaikan, dewasa ini sampah menjadi polemik diseluruh wilayah Indonesia tak terkecuali di Pemalang. Maka dari itu, pihak dinas LH melalui sosialisasi pengelolaan sampah berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan edukasi kepada maayarakat tentang tata kelola dan pemanfaatan sampah.

 

“Sampah itu masih dapat diolah bahkan dimanfaatkan. Untuk sampah organik, kita bisa manfaatkan untuk membuat pupuk dengan komposter. Sedangkan untuk sampah un organik seperti plastik atau kertas, kita masih bisa manfaatkan untuk kerajinan yang bernilai seni,” paparnya.

 

Menurutnya, pemanfaatan sampah menjadi hal yang penting dalam kehidupan. Karena selain kebersihan terjaga, sampah un organik yang dimanfaatkan menjadi barang kerajinan bisa menjadi sesuatu yang bernilai seni tinggi.

 

“Sampah un organik yang dimanfaatkan menjadi kerajinan seperti tas, dompet, meja ataupun kursi akan bernilai seni tinggi,” ungkapnya.

 

Sementara sebagai pemateri, Ketua RPK Jateng Tarto Budiharso menyampaikan, apa yang dibawa sebagai materi adalah ilmu pendaurulangan sampah un organik berupa material plastik. Sebagai salah satu contoh adalah Ecobricks.

 

“Kami disini akan menjelaskan dan mempraktekan langsung apa yang disebut Ecobricks. Dengan begitu, sampah un organik seperti material plastik bisa kita kurangi bahkan kita ubah menjadi sesuatu yang bernilai seni,” kata Tarto.

 

Dengan Ecobricks, lanjutnya, sampah material plastik berupa botol mineral dan plastik lainya bisa dimanfaatkan menjadi kursi, meja bahkan tempat tidur. Sehingga tidak ada lagi sampah plastik yang terbuang.

 

Dalam acara tersebut dijelaskan dan langsung dipraktekan cara membuat Ecobricks dan alhasil, para peserta kegiatan dapat menyerap bahkan sudah langsung bisa memanfaatkan sampah material plastik melalui Ecobricks. (benx)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.