Digital Media Online

TMMD Sengkuyung II 2017, Pasi Intel Dim 0711/Pemalang Beri Penyuluhan

0 1
Pasi Intel Kodim 0711/Pemalang Kapten Inf Suprapto memberikan penyuluhan tentang Peran Pemuda dalam Nasionalisme dan Belanegara

INFOPANTURA.COM – Pemalang – Melaksanakan kegiatan dengan sasaran non fisik pada TMMD Sengkuyung II TA 2017, Pasi Intel Kodim 0711/Pemalang Kapten Inf Suprapto memberikan penyuluhan tentang Peran Pemuda dalam Nasionalisme dan Belanegara di balai desa Penggarit, Selasa (11/7).

 
Dijelaskan olehnya bahwa, bela negara sangat erat kaitanya dengan pos kamling, karena pos kamling merupakan usaha usaha pertahanan dalam mengamankan wilayah desa masing-masing dari gangguan pencurian dan gangguan Kamtibmas lainnya.

 
“Kegiatan penyuluhan tentang nasionalisme, bela negara, hukum dan lain sebagainya ini ditujukan supaya masyarakat mengerti norma atau aturan-aturan pelaksanaan penegakan hukum dalam kehidupan sehari-hari baik dilingkungan keluarga khususnya maupun masyarakat pada umumnya,” paparnya.

 
Menurutnya, dengan dilaksanakanya sosialisasi dan penyuluhan hukum terpadu, akan lebih menanamkan kesadaran masyarakat dalam bertindak tidak bertentangan dengan aturan aturan hukum yang berlaku.

 
Selain tersebut diatas, kegiatan sasaran non fisik berupa penyuluhan hukum terpadu lainya diisi oleh pemateri dari beberapa instansi diantaranya, Hadi Polo dari Pengadilan Negeri Pemalang dengan materi tentang Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 02 Tahun 2012 mengenai penyesuaian batasan tindak pidana ringan dan jumlah denda dalam KUHP sebagai upaya penegakan keadilan. Kemudian, Moh. Anas dari Pengadilan Agama Pemalang dengan materi tentang Kompetensi atau Kewenangan Absolut Peradilan Agama dan Penelantaran atau Kekerasan Dalam Rumah Tangga serta penyelesaianya di Pengadilan Agama.

 
Berikutnya, Purijo dari Kejaksaan Negeri Pemalang mengisi materi tentang Pemahaman dan Pencegahan Tipikor. Serta AKP A. Kholik, SH. dari Polres Pemalang dengan materi tentang Penanganan ujaran kebencian dan penanganan tindak pidana pungutan liar.

 
Agenda penyuluhan hukum terpadu juga dihadiri oleh Kades Penggarit Imam Wibowo, Muspika kecamatan Taman, Sekdes Penggarit Isrorudin beserta Perangkatnya dan warga desa setempat. *(benx)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.